Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membangun Komunikasi yang Efektif Pada Remaja

Bagi anak anak yang beranjak pada masa remaja yang biasanya terjadi perubahan dari bentuk komunikasi kepada orangtuanya, memiliki keinginan tertentu misalkan keinginan untuk membeli barang-barang yang mulai ia sukai dari idolanya, memiliki idola dan menjadi fans hingga mulai memiliki ruang privasi sendiri.

Tiap waktu yang dilalui anak baik disekolah, di tempat bimbingan belajar, di lingkungan dimana ia berada hingga dirumahnya sendiri pun anak akan menjadikan waktu tersebut sebagai tempat dimana ia  memperoleh pengalaman baru.



Anak akan belajar apa sih kira-kira? Banyak sekali yang anak pelajari yang tidak ia dapatkan dalam buku mata pelajaran di sekolahnya. Anak akan belajar mengatur waktu, bertanggungjawab mengenai benda-benda yang ia jaga, anak akan memulai memahami konsep kerja keras, komitmen, kemandirian, bergaul, anak akan belajar mengenai kepercayaan yang diberikan orang lain untuknya dan masih banyak lagi.

Semua hal tersebut adalah proses belajar anak yang selalu akan ia temui pada masa-masa kanak-kanak dan remajanya. Tugas pendidik, tugas orangtua dan tugas kita adalah memberikan arahan kepada anak hal-hal apa yang sudah anak lakukan dengan benar.

Juga memberikan arahan kepada anak jika apa yang ia lakukan tidak baik bagi dirinya sendiri ataupun memberikan penjelasan bahwa ia akan menimbulkan keruugian bagi orang lain. Memberikan petunjuk arahan yang positif dengan cara yang baik-baik kepada anak, memberikan informasi akan membantu anak menjadi pribadi yang tumbuh dengan jujur dan positif. 

Pastikan anda sebagai orangtuanya selalu ada untuknya disaat yang ia butuhkan minimal dengan memiliki waktu yang berkualitas dengan anak pada waktu tertentu dan berulang, karena dengan itu mereka akan merasa bahwa ini adalah waktu me time mereka dengan orangtunya. 

Anak akan menjadi  terbuka dan bercerita kepada orangtua nya tentang apa saja hal yang telah ia lalui hari ini. Jika orangtua tidak terbiasa dekat dengan anak, maka minimal tanyakan dahulu kepada anak apa saja hal yang ia lakukan di sekolah, apa hal yang membuatnya paling menarik hari ini dan lakukan secara berulang dengan tanpa menghakimi opini yang anak sampaikan. 

Namun ingat, jangan memberikan mimik wajah yang menakutkan dan nada bicara yang tinggi juga perilaku yang negative yaa.. berikan selalu perhatian dan contoh yang baik dari anda kepada anak minimal perhatian dengan perubahan yang terjadi pada anak seperti kebiasaannya atau sekedar  mengingatkan anak untuk makan. Hal-hal sekecil apapun dari orangtua akan berkesan dan membekas bagi anak karena hal itu bisa dianggap anak sebagai perhatian dan bentuk kasih sayang dari orangtuanya.

1 comment for "Cara Membangun Komunikasi yang Efektif Pada Remaja"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete