Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendidik Anak di Era Digital

Anak merupakan anugerah terindah dan ter luar biasa yang di amanatkan oleh Tuhan kepada kita sebagai orangtua untuk menyanyangi dengan sepenuhnya, termasuk bagaimana cara kita mendidik buah hati dengan optimal.

Memberikan  pengasuhan yang positif berarti juga mendidik anak untuk mendukung perkembangannya dalam berbagai aspek. Baik dalam segi fisik anak, intelektual anak, sosioemosi hingga spiritual secara optimal sejak dini kan parents. 


Lalu bagaimana cara kita sebagai orangtua mendidik anak agar optimal namun penuh cinta. Pertanyaannya adalah apakah kita sebagai orangtua sudah benar? Tentunya masing-masing orangtua memiliki caranya sendiri dalam mendidik buah hatinya, termasuk parents kan? Goals nya tentu anak dapat bertumbuh secara optimal dan berprestasi maksimal. 

Mari simak tips berikut ini yang bisa membantu orangtua untuk tetap belajar bertumbuh bersama si kecil tanpa menggurui atau merasa sudah menjadi lebih baik diantara lain.

Pentingnya pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua, bukan si ibu saja atau si ayahnya saja yaa parents tapi dua duanya memiliki peran yang sama sama besar. Ayah dan ibu akan memberikan pengaruh pada peningkatan kualitas anak (secara akademik, komunikasi, interaksi sosial, cara berfikir, dan sebagainya), tumbuh kembang anak akan menjadi optimal hingga dapat mencegah si anak pada perbuatan menyimpang atau negatif loh. 

Pengasuhan yang positif kepada anak harus dilandasi dengan cinta dan kasih sayang tanpa adannya kekerasan serta adanya komunikasi dua arah yang tidak saling menghakimi. Kadangkala adanya  penghargaan dan punishment  bisa dilakukan ya parents namun tidak harus selalu dilakukan terus menerus. Hal ini nantinya akan membantu anak untuk belajar kemandirian, memiliki kemauan berusaha dan berpikir optimis.

Orang tua, yakni ayah dan ibu harus memiliki pengetahuan terhadap tahapan perkembangan anak dengan baik loh dan melek terhadap perubahan jaman. Mengapa hal ini penting bagi orangtua? Karena dengan ini orangtua dapat mendidik anak sesuai zaman namun tetap menanamkan nilai-nilai moral dan positif. Juga parents bisa lebih maksimal dalam  mendidik anak dengan tahapan perkembangan yang harus mereka lalui.

Jelas, pengasuhan orangtua pada anak tidak bisa selalu disamakan, dalam hal ini orangtua harus paham akan memperlakukan cara pengasuhan kepada anak sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya. Tidak bisa orangtua memperlakukan atau mendidik anaknya yang usia 12-18 tahun pada tahapan remaja diperlakukan seperti usia 4-6 tahun atau masa kanak-kanak. 

Tentu, umumnya para orangtua ingin terbaik untuk anaknya dimanapun ia berada, terutama pada era digital ini tidak akan bisa mendidik dengan cara kekerasan di terapkan. Tiap didikan oleh ayah dan ibu serta orang terdekat di sekitar anak akan berpengaruh terhadap tahapan perkembangan kehidupan.

Anak akan selalu belajar, dimana guru yang pertama si kecil kenal adalah ayah dan ibunya. Semua orangtua akan berusaha dan berupaya maksimal untuk kebaikan anaknya. Terimakasih kepada para orangtua yang sudah selalu berusaha terbaik dan menemani anaknya bertumbuh, sudah  ikhlas memberi tanpa meminta balasan, open minded terhadap lingkungan dan zaman, orangtua yang penuh cinta tanpa syarat namun saling bertumbuh bersama dengan anaknya.



Post a Comment for "Cara Mendidik Anak di Era Digital"