Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Integrasi Motorik dan Sensorik Melalui Sepatu

Mungkin banyak yang masih bingung yaa apa sih hubungannya antara belajar integrasi apalagi fungsi perkembangan motorik dengan sensorik dari sepatu anak. Tentunya hal ini sangat berkaitan satu sama lainnya loh.

Sangat penting juga diketahui dan juga perlunya pengetahuan juga praktek langsung dari orang tua dan anak agar sama-sama belajar melalui proses dari sebuah sepatu, terutama sepatu anak dari pra sekolah. 


Mungkin tanpa disadari sebagian orang tua yang memiliki anak kecil akan lebih banyak memberikan atau memilih sepatu yang simple untuk si kecil agar tidak ribet untuk memakaikannya dan mudah dipakai, Betul?

Akan tetapi dari hal ini juga perlu kemampuan si kecil dalam proses mengintegrasikan antara fungsi sensorik dan fungsi motorik dari sebuah sepatu ini dimulai loh. 

Yakni dari proses kemandirian membuka sepatu, memasangkannya dengan tepat dan nyaman di kakinya hingga proses atau cara melepas sepatu secara mandiri. 

Lantas jika si kecil sudah bisa dan terbiasa maka kemampuan si kecil bisa ditingkatkan loh parents yakni dengan memilihkan sepatu yang bertali. Biasanya anak di taman kanak kanak atau sekolah dasar sudah mulai bisa diajarkan pelan pelan.

Fungsinya sangat banyak sekali karena dari sepatu ini kita bisa mengajarkan anak untuk berproses bagaimana dia mengintegrasikan antara kemampuan yang dia miliki loh. 

Yakni antara fungsi sensori kemudian otak atau proses berpikir dan juga kemampuan tubuhnya serta fokus dalam menyelesaikan masalah nya alias kemandiriannya. Nah ternyata banyak banget kan mulai hal-hal kecil dari sepatu ini anak bisa belajar dan mengembangkan kemampuannya. 

Sebagai orang tua dan juga pendamping anak ketika di sekolah tentunya proses ini tidaklah mudah dan instan. Butuh proses lama satu per satu, kesabaran dan juga perhatian serta dukungan untuk anak agar dia bisa percaya diri dalam menyelesaikan tugasnya dengan kemampuannya secara mandiri. 

Ini hanyalah sedikit contoh saja nih parents, banyak hal lainnya yang bisa membuat anak untuk lebih mengasah kemampuannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat yaa.

Apabila ada pertanyaan lain seputar ini bisa tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih :)


Post a Comment for " Belajar Integrasi Motorik dan Sensorik Melalui Sepatu"