Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Bedanya Perkembangan dengan Pertumbuhan?

Nah siapa diantara kamu yang masih bingung nih perkembangan dengan pertumbuhan ini apa sih? bedanya memang dimana? bukannya sama yah? Nah ternyata beda loh, simak penjelasan berikut ini dulu yaa perkembangan dan pertumbuhan dalam segi psikologi.

Antara pertumbuhan dan perkembangan tidak sama yakni berbeda makna dan arti. Pertumbuhan merupakan secara fisik dan tidak bisa kembali ke awal, sedangkan perkembangan terjadi secara psikologis.

Tumbuh sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan suatu yang timbul (hidup), dan bertambah besar atau sempurna dan perkembangan sendiri merupakan hal (keadaan) tumbuh, perkembangan (kemajuan dan sebagainya). 

Juga dalam psikologi berarti bertambah tinggi badan, berat badan, masa tubuh, bertambahnya volume rambut, panjang tulang, bertambah panjanganya kuku dan sebagainya yang berupa fisik, hal ini berbeda dengan pengertian dari perkembangan.

Perkembangan (development) dalam psikologi bisa diartikan sebagai suatu pola perubahan yang dimulai sejak masa pembuahan dan terus berlangsung disepanjang masa kehidupan manusia.  Sebagian besar perkembagan mencakup pertumbuhan, namun juga terdapat kemunduran termasuk dalam (menjelang kematian). 

Seseorang akan mampu merangsang bagaimana masa-masa yang telah dilalui mempengaruhi seorang menjadi sebuah individu, kehidupan seseorang akan bisa dimotivasi dari pengalaman hidupnya untuk memikirkan pengaruh dari pengalaman-pengalaman terhadap kehidupan di masa dewasa selanjutnya.  

Perkembangan menyatakan pentingnya perubahan ekstensif yang berlangsung sejak lahir hingga remaja (khususnya pada selama masa bayi), tidak ada atau sedikit perubahan yang terjadi di masa dewasa dan kemunduran di usia tua. Pendekatan masa hidup (life-span approach) menyakatan bahwa pentingnya perubahan perkembangan yang berlangsung di masa dewasa maupun pada masa kanan-kanak.

Menurut ahli perkembangan masa hidup yakni Paul Baltes (1939-2006) perspektif masa hidup memandang bahwa  perkembangan manusia berlangsung seumur hidupnya, multidimensi, multiarah, multidisiplin, plastis dan kontekstual serta melibatkan pertumbuhan, pemeliharaan, dan regulasi terhadap penurunan (Beltes, 1987, 2003; Baltes, Lindenberger, & Staudinger, 2006). 

Perkembangan dan pertumbuhan pada seseorang akan berjalan berirama dan saling melengkapi selama masa hidup. Sehingga mari terus dijaga kesehatan diri baik secara fisik dan psikologis ya, karena perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi pada diri kita juga akan berpengaruh terhadap diri kita nantinya.

2 comments for "Apa Bedanya Perkembangan dengan Pertumbuhan?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete