Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Efektif Anak Rutin Belajar

Anak tidak mau mengerjakan tugas sekolahnya dirumah? Atau sama sekali tidak ingin mnegerjakan PR-nya meskipun sudah dipaksa oleh Ayah Bunda? Kira-kira mengapa yaa, bisakah kita mengatasinya? Pasti dan harus bisa yaa Ayah Bunda dengan menemukan akar masalah dan tentunya solutif ya..

Mengapa sih anak kita tidak mau mengerjakan PR nya bahkan belajar selama dirumah. Pertama kita harus mencari tahu apa penyebab anak tidak mau belajar atau mengerjakan PRnya, pertama jangan pernah awali dengan memarahi mereka. 



Cari apa yang anak anda mau dengan bertanya disaat mereka sedang dalam suasana senang atau bermain “mengapa sih kakak tidak mau mengerjakan PR yang bu guru tadi minta di sekolah? Susah ya nak? Mau mama bantu buat ngerjakan PR nya” rayu anak dan selalu temani mereka disaat belajar yaa Ayah Bunda, sempatkan memberikan waktu yang berkualitas minimal dengan menemani anak untuk belajar.

Kedua buatlah kesepakatan dengan anak. Membuat waktu belajar pada anak yang tentunya telah disepakati oleh anak juga yaa, jangan hanya sepihak saja dan memaksakan kehendak pribadi, karena jika anak tidak setuju maka anak tidak akan menikmati proses belajarnya bahkan membantah atau menghindar. 

Jika anak tidak rutin untuk belajar dengan waktu yang telah disepakati bersama maka cobalah selalu ingatkan anak, “ kakak, nanti setelah makan malam jangan lupa yaa kakak sudah janji untuk mengerjakan PR dan belajar bersama dengan mama”, sekali lagi jangan gunakan kata-kata kasar atau bernada tinggi dan ancaman kepada anak karena akan semakin membuat anak tidak ingin melakukan apa yang diminta.

Waktu belajar bisa disepakati sesuai apa yang anak mau, namun berikan dia opsi setelah sepulang sekolah langsung jika anda menginginkan anak memiliki waktu tidur siangnya atau memiliki kegiatan lain diluar rumah. Bisa setelah mandi sore atau makan malam. Semuanya bisa namun tetap pada tujuan utama adalah anak belajar dengan waktu yang telah disepakatinya.

Terakhir, jangan lupa berikan anak reward yang mereka inginkan atau dengan apa yang anda dan anak anda telah sepakati, namun jangan biasakan hal ini agar anak memiliki kesadaran dalam kewajibannya belajar membuat PR sebagai tanggungjawabnya. 

Namun alangkah lebih abik jika Ayah dan Bunda menanyakan sewaktu-waktu apa yang diinginkan oleh anak dan tiba-tiba memberikan reward  tersebut secara tiba-tiba dan dengan menyiapkan kalimat pujian kepada anak, ingat kalimat pujian atau positif yaa Yah Bun, bukan kalimat positif yang menyindir, hihi. Semoga berhasil :)

Penulis : Farida Alisha Fasa, S.Psi


Post a Comment for "Cara Efektif Anak Rutin Belajar"