Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanda Menopause atau Mati Haid Pada Wanita

Menopause bukanlah suatu penyakit namun suatu hal alamiah yang pasti dialami oleh setiap wanita yang berusia 40 sampai 50 tahun-an dan tidak terjadinya menstruasi secara berturut-turut selama 12 bulan atau satu tahun. 

Menopause sendiri terjadi karena adanya perubahan fungsi dari indung telur. Terjadinya menopause juga sebagai pertanda bahwa wanita mulai berkurangnya atau habis sel telur yang menjadikan berakhirnya masa-masa subur sehingga menyebabkan berkurangnya produksi esterogen.



Pada haid pertama (menarche) dengan terakhir (menopause) memiliki banyak kesamaan loh, menopause atau yang biasa disebut sebagai mati haid memiliki beberapa gejala diantaranya yakni terjadinya menstruasi yang kacau, semburan panas, keringnya vagina dan lain sebagainya. 

Adanya gejala secara emosional yang dialami oleh seorang menjelang menopausenya bisa mengalami gejala berikut yakni suasana hati berubah-ubah, mudah marah, cemas, gelisah dan mudah sedih tanpa ada sebab yang jelas, sulit untuk tidur dan lain sebagainya.

Pada gejala fisik yang sering ditemui biasanya akan terjadi semburan panas (hot flashes) yang merupakan ciri khas menopause; banjir keringat disaat terjadi semburan panas maupun disaat tidur malam hari; vagina mengering; jantung berdebar; kelelahan yang berlebih; gangguan kulit dan sendi; dan lain sebagainya.

Gejala menopauseyang terjadi  tidak sama pada satu wanita dengan wanita lain dan tentunya bersifat individual. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dampak dari lingkungan hidup saat ini sungguh tidak baik bagi keseimbangan hormon wanita  sehingga masa premenopause dan perimenopause terjadi lebih cepat.

Juga menurut dr, Amrullah H, Siregar, MSc., DIHom., DNMed., Ph.D., yakni seorang dokter dan praktisi ilmu naturopati (terapi atau pengobatan untuk meningkatkan daya tahan dan mengembalikan sistem tubuh yang rusak dengan menggunakan bahan dari alam, KBBI) bahwa terdapat  sejumlah 50% wanita berusia 30-50 tahun sudah mengalami penurunan hormone estrogen.

Jika dirasa tulisan ini bermanfaat buat kamu maka silahkan tinggalkan komentar dibawah ini yaa, semoga bermanfaat dan salam sehat.

Post a Comment for "Pertanda Menopause atau Mati Haid Pada Wanita"