Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapkan Hal Ini Sebelum Imunisasi

Imunisasi bagi bayi wajib dilakukan ya moms karena untuk kebaikan si kecil sendiri kedepannya. Imunisasi dilakukan berjangka sejak mulai bayi lahir. Hingga beberapa bulan berikutnya bayi masih tetap melakukan imunisasi. 

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke posyandu atau rumah sakit untuk melakukan imunisasi bagi si kecil ya moms? Tentunya beberapa hal ini jangan sampai tertinggal di rumah ya, siapkan baik-baik sebelum berangkat dan cek lagi sebelum pergi. Berikut ini beberapa tips persiapan sebelum pergi imunisasi.



1. Membawa fotocopy kk/kartu anak

Beberapa persyaratan sebelum imunisasi diadakan biasanya petugas kesehatan meminta fotocopy identitas.

2. Membawa buku panduan ke posyandu/ buku pink/Buku Kesehatan Ibu dan Anak

Ini wajib ya moms jangan lupa dibawa waktu imunisasi, karena dengan ini moms akan tahu si kecil akan diimunisai jenis apa dan diberikan pencatatan tanggalnya. Juga si kecil akan diisi grafik pertumbuhannya seperti tinggi badan dan berat badan

3. Membawa Kartu Kembang Anak

Kartu kembang anak ini pada intinya berisi perkembangan anak yang berupa kemampuan anak pada tiap bulannya adakah perkembangan atau belum.

 Contoh perkembangan si kecil yang dicatat adalah kemampuan si kecil merespon suara, memegang benda, mengangkat kepala, dst. Intinya adalah melihat perkembangan anak pada kemampuan motorik halus dan kasar, kemampuan sensorik anak dan berbahasa.

4. Membawa tas bayi

Tas bayi ini akan berguna untuk membawa keperluan antisipasi yang kiranya akan terjadi dengan si kecil. Misalkan membawa susu, tissue basah dan tissue kering, juga buku pink dan kartu kembang anak. Juga bisa membawa obat yang diberikan petugas kesehatan atau biscuit dan selainnya. Juga bisa untuk membawa mainan jika diperlukan apabila si kecil rewel saat mengantri saat imunisasi.

Nah moms diatas adalah tips bagi moms Ketika akan berangkat imunisasi Bersama si kecil ya. Jika moms dan pembaca memiliki pengalaman seputar imunisasi Bersama si kecil, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini yaa. Terimakasih 😊


Post a Comment for " Persiapkan Hal Ini Sebelum Imunisasi"