Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan Dimulainya Pendidikan Usia Dini Untuk Anak?

Hai parents, beberapa orang tua mungkin akan dibuat bingung termasuk parents mengenai dengan pilihan tentang kapan anak siap untuk memasuki dunia sekolah. Beberapa orangtua juga memiliki beberapa pertanyaan seperti apakah anakku siap untuk sekolah yaa?

Apakah usianya cukup memasuki jenjang usia playgroup, sekolah dasar dan sebagainya? Apa saja kesiapan yang anak butuhkan untuk bersekolah? Sekolah yang bagaimana yang anak dan orangtua inginkan? Dan masih banyak lagi.



Tentunya jika ada yang opsi terbaik orangtua akan memilihkan yang terbaik untuk anaknya. Baik dalam segi fasilitas sekolah, kesiapan anak untuk belajar, fasilitator sekolah dan pendidik juga banyak hal lainnya. Terutama Pendidikan sejak dini.

Sebenarnya pada pendidikan usia dini bagi anak-anak merupakan dimana mereka selain belajar sambil bermain juga paling mendasar adalah belajar untuk bersosialisai dengan teman sebanyanya juga mengenalkan bagaimana rutinitas atau kegiatan berulang misalkan ketika anak membuka mata, mandi, bersiap pergi ke sekolah hingga pulang dan bermain  lagi serta kegiatan lainnya di luar sekolah dan masih banyak hal lainnya.

Otak anak anda akan berkembang sangat pesat dan cepat pada 1000 hari pertama ia lahir dan memiliki usia golden age atau masa emas sampai usianya 6 tahun. Sehingga apapun yang ayah bunda berikan kepada anak termasuk mendidik anak di rumah dan pendidikannya akan memberikan pengaruh.

Untuk jenjang sekolah dasar sudah banyak sekolah yang mensyaratkan untuk berusia tujuh tahun dan juga jika dibawah itu maka anak memerlukan surat rekomendasi dari psikolog agar anak bisa masuk sekolah dasar.

Nah pentingnya pendidikan sejak dini bagi anak dan kapan sih dimulainya? Apakah sejak memasuki usia playgroup ataukah taman kanak-kanak atau malah pada sekolah dasar? Kapan dimulainya Pendidikan formal untuk anak memang tidak terlepas dari keputusan orang tua dan pilihan pada kapan jenjang formal Pendidikan untuk anak dimulai, yang terpenting adalah ayah bunda tahu mengenai si kecil apakah sudah memiliki tanda-tanda untuk siap bersekolah.

Pengasuhan ayah bunda hingga segala sesuatu yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak adalah sesuatu yang penting. Mari Bersama sama bertumbuh dan belajar bersama anak ya ayah bunda, karena belajar tidak untuk anak saja tapi orangtuapun juga harus sama sama belajar.

Nah jika tulisan ini dirasa bermanfaat dan jika anda memiliki pertanyaan yang selaras dengan tulisan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah ini yaa.. Terimakasih :)

Post a Comment for "Kapan Dimulainya Pendidikan Usia Dini Untuk Anak?"