Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenalkan Fungsi Uang dan Menabung Kepada Anak

Dalam hal menanamkan kebiasaan dan perilaku pola hidup pada anak adalah fungsi dari sebuah keluarga dengan ayah dan ibu sebagai guru pertama yang dicontoh oleh anak. Orangtua adalah ibu dan ayah yang selalu menjadi role model bagi anak sejak di usia balita, ingat yaa ayah dan bunda. 

Anak akan belajar hal apapun dari lingkungan terdekatnya dan yang menjadi guru, pendidik, pendengar dan pemberi informasi pertama adala orangtuanya.



Hidup sederhana sejak dini sudah bisa diajarkan kepada anak, contoh sederhanya adalah memberikan  pemahaman mana yang menjadi miliknya dan memberikan pemahaman mengenai kepemilikannya dengan menggunakan sesuai tanggungjawab dan kebutuhan.

Misalkan saja pada saat akan bersekolah di TK maka barang mainan kesukaannya dirumah adalah miliknya namun berlatih tidak boleh selalu dibawa pergi ke sekolah karena di sekolah waktunya untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman sebayanya, berlatih untuk berkonsentrasi, dan sebagainya. 

Kemudian belajar untuk memberikan pemahaman mengenai fungsi dari uang. Mengenalkan tentang berapa rupiah mulai dari uang koin hingga kertas. Mengenalkan fungsi uang sebagai alat tukar jika ingin membeli sesuatu hingga belajar mengenai menabung. 

Hal ini perlu dikenalkan kepada anak sedikit demi sedikit. Belajar menabung dengan menyisihkan sebagian uang saku yang dimilikinya dengan menabung akan melatih kesabaran anak. Berikan pemahaman bahwa jika ditabung maka uang yang dimilikinya semakin banyak.

Jika anak menginginkan barang yang diimpikan berikan pengertian bahwa ia dapat memilikinya dengan menabung sedikit demi sedikit, hal seperti ini akan mengajarkan anak untuk memahami arti kesabaran dan melatih perilaku anak untuk tidak menginginkan secara instan. 

Jika perlu ajak anak untuk menghitung dan membelikan barang yang diinginkan dengan uang sakunya sendiri. Namun, setelah itu berikan pemahaman bahwa menabung adalah hal yang mengasyikkan namun memiliki tabungan sendiri adalah hal yang membuat orangtuanya bangga. 

Membelikan barang yang diinginkan anak adalah hal yang wajar bagi orangtua, namun dengan cara mendidiknya agar belajar menjadi orang yang sabar dengan usahanya sendiri alangkah lebih baik.

Namun, ingatkan kepada anak bahwa menabung untuk selalu dibelikan mainan adalah hal yang kurang bagus, maka katakanlah “jika sebaiknya uang adek ditabung lebih banyak kan adek nanti menjadi bangga, mainan adek kan sudah banyak dan masih berfungsi.

Sehingga ayo menabung lagi, menabung adalah hal yang bagus buat adek nantik jika uang adek terkumpul mama papa ajak ke bank yaa untuk belajar menabung lagi” dan sebagainya.

Nah ayah bunda jika parent mempunyai pertanyaan seputar tema yang sama dan tulisan ini memberikan manfaat bagi parents, silahkan tinggalkan pesan pada komentar di bawah ini ya, terimakasih :)

Post a Comment for "Kenalkan Fungsi Uang dan Menabung Kepada Anak"