Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbelanja Sambil Belajar Bersama Anak

Jangan khawatir untuk mengajak anak berbelanja yaa ayah dan ibu. Kekhawatiran adalah suatu bentuk yang wajar namun pada saat belanja ke supermarket atau ke pasar tradisional akan membuat si kecil belajar banyak hal. Mulai dari melihat orangtuanya berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan akan memberikan pemahaman anak dari fungsi bersosialisasi dan berkomunikasi.

Memberikan pemahaman anak mengenai fungsi dari uang sebagai alat tukar hingga anak akan mengenal lingkungannya dan belajar dari lingkungannya sehingga mulai terbentuknya kemandirian anak di tempat umum. 



Atau ayah ibu khawatir kepada si kecil jika di tempat umum seperti supermarket atau pasar tradisional ia akan menjadi rewel sehingga mengganggu aktivitas dan tujuan ayah ibu untuk membeli sesuatu. Hal tersebut wajar jika di tengah jalan si kecil akan rewel atau meminta sesuatu yang ia inginkan. 

Nah dalam hal ini berikan pemahaman dan perjanjian terlebih dahulu kepada anak sebelum pergi bahwa ia hanya akan menemani ayah ibunya berbelanja, jika ingin meminta mainan maka tidak beli dulu ya..

Berikan pemahaman bahwa mainannya dirumah banyak dan masih berfungsi, jika diperlukan berikanlah perjanjian jika boleh membawa satu mainan dari rumahnya namun tidak boleh meminta mainan lagi.

Apakah ayah dan ibu tahu bahwa dengan mengatakan hal tersebut akan melatih anak untuk menahan keinginannnya dan memberikan pengertian bahwa mainan yang telah dimiliki sudah cukup banyak.

Jika ketika si kecil menunjuk suatu yang diinginkannya maka ingatkanlah “kan adek tadi sudah janji sama mama kalau tidak beli mainan, kan mainan adek sudah banyak dan masih berfungsi dirumah.”. 

Jika ayah dan ibu ingin memberikan reward atau penghargaan kepada anak dengan membelikan ice cream atau sebagainya maka katakanlah bahwa 

“wah adek hebat yaa adek sudah gede, ibu ajak jalan-jalan untuk menemani ibu belanja tapi adek tidak rewel atau minta mainan. Karena adek hebat dan pinter nantik setelah belanja ibu belikan ice cream kesukaan adek yaa. Terimakasih ade.” 

Berikan kata-kata positif dan pujian sebagai penghargaan kepada anak karena telah mendengarkan orangtuanya, 

Ingat, hal ini perlu proses, sabar dalam memberikan pemahaman kepada si kecil ya bunda karena si kecil juga dalam proses pembelajaran secara kognitifnya. Jadi tidak bisa instan untuk menyuruhnya segera mengerti dengan apa yang kita inginkan. 

Jika tulisan ini dirasa bermanfaat dan apabila ayah bunda memiliki pengalaman yang sama mengenai membawa si kecil ke tempat umum silahkan tinggalkan komentar dan pesan di bawah ini, terimakasih :)


Post a Comment for " Berbelanja Sambil Belajar Bersama Anak"