Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Membantu Anak Fokus Belajar

Bagi orangtua ayah dan ibu pasti mengharapkan anaknya untuk giat belajar agar menjadi pandai dan berprestasi di sekolahnya. Sedini mungkin banyak orangtua mendorong anak mereka untuk belajar dan fokus dalam hal apapun mulai sejak dini.

Semua itu adalah hal yang baik, mengajarkan anak untuk berlatih hal hal rutin dan fokus seperti mengerjakan pekerjaan rumahnya setelah sepulang sekolah atau membuat kesepakatan dengan anak dalam mengerjakan PR bersama pada waktu sore hari atau setelah makan malam.





Berbagai cara untuk mengajarkan anak tentang fokus belajar dan mengerjakan pekerjaan rumahnya sendiri merupakan hal yang baik disamping itu ada hal lain yang bisa didapatkan adalah dengan mengerjakan PR dan belajar secara teratur dengan waktu yang telah disepakati membuat anak belajar tentang arti kedisiplinan dan membangun kebiasaan atau rutinitas. Dan bila tidak dilakukan maka akan terasa ada sesuatu yang hilang bagi anak.

Dalam hal cara belajar pada anak hingga remaja pun memiliki cara yang berbeda-beda. Cenderungnya banyak orangtua akan mengira bahwa dengan suasana yang tenang anak akan lebih focus belajar, namun belum tentu ya parents. Bisa jadi anak lebih menyukai gaya belajar sambil mendengarkan music kesukaannya. bisa jadi ada anak akan lebih mudah belajar apabila berada di ruang yang sunyi atau butuh suasana yang tenang tanpa mendengarkan music atau radio.

Ada pula anak lebih senang belajar dengan menggerakkan bagian dari tubuhnya misalkan menggerakkan kaki atau tangannya hingga sambil mengunanyah makanan maka mereka akan lebih konsentrasi dan fokus. 

Jadi jangan berburuk sangka dengan anak dulu ya parents.. terkadang ada tipe-tipe anak mampu belajar dalam kondisi apapun, dalam keramaian, kesunyian atau membutuhkan tempat yang tenang atau bahkan sambil diajak berkomunikasi pun bisa. 

Maka kenalilah dulu tipe belajar si kecil dengan menanyai mereka terlebih dulu jika perlu parents bisa mengecek dengan memberikan mereka pertanyaan yang telah mereka pelajari saat belajar loh. Jadi belajar memerlukan proses, unik disetiap prosesnya. 

Tiap anak hingga remaja dan kitapun sebagai orang dewasa memiliki gaya masing-masing bahkan kebiasaan tertentu yang tanpa kita sadari sebelum melakukan pekerjaan kan. Kenali dahulu tipe belajar anak anda sebelum menghakimi anak anda dalam cara belajar mereka yang versi kita itu adalah cara yang salah.  Diskusikan apa yang mereka mau, apakah benar cara yang anak kita lakukan lebih membuat anak nyaman dan apa yang sedang dipelajari pun mampu dipahaminya.


Post a Comment for "Bagaimana Cara Membantu Anak Fokus Belajar"