Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Membaca Reading Aloud, Apakah Itu?

Hai parents, pasti lagi penasaran kan apa sih yang akan ditulis, memang efektif ya buat anak, apa sih itu membaca keras masak harus teriak teriak sih, dan lain sebagainya? Yuk siapa yang masih penasaran nih, mari simak penjelasan dibawah ini mengenai teknik membaca reading aloud untuk anak.



Pada dasarnya metode reading aloud ini memang teknik membacakam cerita baik oleh orangtua, pendidik maupun orang yang membacakan buku kepada anak. Tapi yang spesial adalah membacakan buku sambil bersuara jelas, lebih nyaring dan memperagakannya dengan berekspresi. Bukan membaca cepat juga ya parents, tapi ada intonasi dan juga mengikuti tanda baca agar anak lebih memahami.

Apalagi bagi anak balita atau anak usia dini, teknik ini akan sangat membantu dalam menstimulasi otak anak. Kok bisa? Betul, karena dengan teknik membaca ini anak akan lebih memahami cerita, membantu melatih anak untuk berimajinasi, melatih pendengaran anak (yakni menangkap cerita).

 Melatih daya ingat anak dan juga kefokusan, juga meningkatkan literasi anak. Dan yang paling ditunggu adalah meningkatkan bonding antara anak dan orangtua bila dibacakan oleh ayah atau ibu.

Wah banyak sekali bukan manfaat yang didapatkan hanya dari sebuah buku, namun dengan teknik yang benar dan tepat akan menjadi manfaat yang luar biasa khususnya untuk anak anak. Terlebih lagi jika anak dalam masa golden age yakni masa emas anak yang memiliki rentang usia hanya 6 tahun saja. Jadi mari kita optimalkan dan tingkatkan literasi pada anak yuk parent.

Tapi anaku lebih suka gadget daripada buku, jadi gimana nih caranya agar anak tertarik?

Pertanyaan ini seringkali muncul dibenak mom dan dady bukan? Ada beberapa tips dan trik yang bisa parents coba nih salah satunya adalah melibatkan si kecil langsung. Caranya dengan mengajak si kecil memilih bukunya sendiri.

Lalu cobalah sebelum tidur atau waktu luang bersama si kecil untuk membacakan buku yang dipilihnya. Kedua jika ada gambar pada buku sebisa mungkin ambil kesempatan untuk berinteraksi dengan si kecil misalkan saja menebak gambar tersebut atau menirukan gaya pada gambar tersebut.

Memang butuh proses agar si kecil tertarik dengan buku, kitapun sebagai orangtua harus selalu belajar. Karena tidak ada hasil yang instan bukan. Kuncinya adalah sama sama meluangkan waktu bersama dengan si kecil melalui membaca.

Sebelumnya jauhkan dulu masing masing dari gadget yaa, pastikan si kecil juga tertarik dan fokus saat reading aloud berlangsung meskipun kefokusan anak terbatas karena memang lagi belajar melatih fokusnya juga. Betul memang, jika bersabar dalam menjalani proses adalah salah satu jalan ninja bagi orangtua yaa hehe.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu yaa. Jika ada saran dan masukan tinggalakan pesan pada kolom komentar di bawah ini yaa. Terimakasih :)

Post a Comment for " Metode Membaca Reading Aloud, Apakah Itu?"