Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengondisikan Bayi Agar Teratur Jam Tidur

Hai parents, siapa yang di sini sering mengeluh tentang anak yang tidurnya tidak teratur. Pasti merasa capek bukan karena mengikuti jam tidur anak terlebih dahulu untuk melakukan suatu aktivitas atau istirahat juga kan, pasti hal ini banyak dialami oleh ibu-ibu ya daripada bapak, karena sedang fokus bekerja pastinya..

Tidur anak yang tidak teratur misalkan tiap hari pola jam tidurnya akan berubah-ubah, tidur jam 8 malam bangun lalu kembali lagi tidur jam 6 sore. Kemudian besoknya akan berubah lagi, misalkan anak tidur jam 10 malam, kemudian bangun jam 6 pagi lalu tidur siang jam 2 siang bangun jam 7 malam lalu tidur malam jam 12 malam.  Hal ini pasti akan membuat parents merasa lebih capek dan ternyata sama loh, si kecil juga akan capek parents karena ketidakjelasan aturan tidur. Pasti moms juga lebih banyak mengeluh karena si kecil tidak konsisten dalam jam tidurnya.


Nah sebenarnya jam tidur anak itu bisa kondisikan lo moms..
Memang iya bisa? kan masih anak-anak apalagi masih bayi? Eits, jangan salah, mengajari anak tidur teratur bisa dimulai sejak anak bayi loh. Yuk simak penjelasan berikut ini moms yah..

Pada jam tidur anak mulai dari balita usia 0 bulan hingga masa anak-anak memang memiliki pola dan jam tidur yang berbeda-beda. Misalkan saja sejak masih usia 0 bulan hingga tiga bulan akan lebih banyak jam tidurnya ya apalagi jika baru lahir kebanyakan keseharian bayi adalah tidur daripada bangun.

Hal ini lama-kelamaan pola dan jam tidur si anak semakin bertambahnya usia maka akan semakin sedikit loh moms. Misalkan saja nih, awalnya si bayi akan tidur 3 sampai 4 kali dalam sehari maka akan hanya tidur dalam 3 kali saja. Lalu misalkan tidur malam kemudian setelah bangun tidur kemudia  makan lalu tidur lagi. Kemudian tidur siang kembali lagi tidur malam. Nah lama-kelamaan juga bayi hanya memiliki 3 pola tidur misalkan tidur malam tidur siang dan juga malam lagi.

Nah juka anak semakin besar misalkan mulai usia 2 tahun ke atas anak hanya akan memiliki pola waktu tidur hanya malam dan siang bisa jadi hanya tidur malam saja namun biasanya anak-anak yang tidur pada satu pola waktu yakni malam saja jarang terbangun seperti bayi dibawah 2 tahun yang sebentar sebentar terbangun dalam tidurnya.

Lalu bagaimana pengondisian tidur anak bisa kita setting agar pola tidurnya konsisten? Dari awal harus mengenalkan dulu yaa moms dan dibiasakan. Misalkan bayi sebelum jam 7 pagi harus sudah mandi kemudian sarapan atau minum susu kemudian berjemur sebentar lalu diajak untuk rebahan hal ini untuk mengenal tidur. Cara mengenalkan bagaimana? misalnya tapi kita di kamar hanyalah untuk waktu saja tidak untuk beraktivitas. Beraktivitas hanya untuk diluar ruangan.

Kemudian lalu kegiatan yang lain misalkan di ruang bermain, kemudian teras rumah, kemudian ke tetangga untuk bersosialisasi lalu makan siang dan minum susu kemudian ajaklah ke kamar lalu tidur siang. Hal kedua ini mengajarkan pada si kecil jika dia kenyang setelah melakukan aktifitas baik fisik maupun proses berpikir dia kan lelah dan ingin tidur. Sebelumnya si kecil sudah belajar mengenal bahwa jika di kamar adalah tempat untuk tidur.

Nah jika kecil sudah tidur siang dan bangun sore maka segeralah mandikan si kecil kemudian ajaklah untuk beraktifitas lagi selama 3 hingga 4 jam kemudian ajaklah makan dan minum susu. Kemudian pada pukul 7-8 malam kenalkan bahwa ini waktu tidur karena kondisi diluar ruangan atau langit sudah gelap. Kemudian si kecil akan terbangun pukul tiga atau empat subuh, hal ini wajar yaa jika pada bayi atau balita jika terbiasa terbangun pada jam ini.

Pada bagian ketiga ini mengajarkan pada anak untuk melatih mengenal kebiasaan, jika sudah sedikit orang yang beraktifitas karena waktunya untuk beristirahat, jadi si kecilpun akan paham jika langit sudah gelap maka waktunya akan tidur. Pastikan juga si kecil sudah kenyang ya moms.

Coba lakukan hal ini dengan konsisten kemudian lihat beberapa minggu kemudian otomatis si kecil akan mengikuti alur yang moms kondisikan. Namun juga perlu diperhatikan jika si kecil berusia dua tahun ke atas biasanya jam tidurnya lama kelamaan akan berkurang. Dan masa aktif si kecil ini harus tetap harus dioptimalkan ya moms.

Selamat mencoba, tetap semangat juga selalu perhatikan tumbuh kembang si kecil ya moms yah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Apabila ada pertanyaan seputar hal yang sama silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya. Terimakasih 

Post a Comment for " Cara Mengondisikan Bayi Agar Teratur Jam Tidur"