Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Move On Dari Universitas Impian

Pernahkah kalian yang telah lulus atau sedang berada di kelas 3 SMA/MAN/SMK sudah mulai memikirkan nanti ingin berkuliah di jurusan apa? Juga ingin dikuliah mana? Serta optimis dengan hasil undangan atau sebutannya SNMPTN hingga tes tulis yakni SBMPTN hingga mengikuti jalur mandiri agar berkuliah di jurusan impian atau menunggu seleksi di tahun berikutnya? Yaaps tentunya semua jalan boleh dicoba dan sah sah saja.


Namun, bagaimana jika keinginan kita tidak tidak sesuai harapan, seperti yang pernah dirasakan oleh mimin nih, hihi. Sedih dan kecewa itu pasti apalagi namun katakan pada diri sendiri bahwa itu TIDAK MASALAH. Tidak masalah jika kamu belum beruntung masuk di perguruan tinggi yang diinginkan dengan jalur yang kamu inginkan. 

Kamu masih memiliki cita-cita dan keahlian yang harus tetap diusahakan dan direalisasikan apapun jalanannya. Jangan membatasi dirimu untuk menuntut ilmu dimanapun dan kapanpun dan tetap optimis jika tidak masuk perguruan tinggi yang kamu inginkan, karena dimanapun kamu berada, kesempatan sangat terbuka lebar untuk mengembangkan skill dan membangun jaringan kamu.

Jangan bersedih hati yaa.. sedih boleh, namun harus cepat-cepat move on dan cepatlah bangkit. Segera cari universitas lain yang tentunya mendukung untuk mencapai cita-citamu. Universitas negeri atau universitas swasta sama saja.



Pertama dan yang terpenting kamu niat dan fokus untuk menuntut ilmu agar dapat meraih cita-citamu karena universitas adalah salah satu fasilitas, berkembang atau tidaknya berasal dari dirimu sendiri mau ngoyo berlari atau berjalan lambat. Jadi katakan pada diri sendiri bahwa kamu mampu dan bisa, masih ada karir dan cita-cita yang harus kamu perjuangkan.

Tips kedua, di tempat yang baru selain giat belajar juga manfaatkan segala fasilitas yang ada agar mengasah kamu bisa optimal. Manfaatkan juga informasi-informasi seputar beasiswa, pertukaran belajar, summer camp hingga pendaan penelitian gratis dan lain-lain di perguruan tinggi itu semua bisa menjadikan kamu nilai tambah saat lulus dan melamar pekerjaan nanti.

Tips ketiga, ini yang jarang terpikirkan nih,apa kamu tau bahwa ketika kamu tidak bisa masuk ke perguruan tinggi pada tingkat sarjana, kamu bisa mencobanya pada tingkat magister atau S2 loh. Sehingga buatlah rencana atau planning jika tidak diterima pada universitas impian maka kamu bisa untuk berkesempatan berkuliah pada jenjang berikutnya di universitas impian kamu.

Nah beberapa tips diatas semoga bisa membantu kamu untuk tetap semangat dan berusaha untuk meraih impian dan cita-cita kamu yah. Kamu juga boleh berbagi pengalaman dan cerita seputar masuk perguruan tinggi dengan komentar di bawah ini. Selamat berjuang, terimakasih 😊

Post a Comment for "Cara Move On Dari Universitas Impian"