Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Practical Life Pada Anak Sejak Dini

Kalau bicara soal anak memang tidak ada habisnya apalagi mengenai pertumbuhan dan perkembangan yang selalu berjalan selaras. Lantas apakah yang perlu dibangun dan dikembangkan dan yang bisa dilakukan anak sejak kecil hingga besar dan berdampak pada kehidupan selanjutnya maka simak berikut ini.


Salah satunya yang harus dipelajari anak dan anak mampu adalah tentang practical life ini atau kemampuan keterampilan dalam hidup. Keterampilan dalam hidup mesti harus bisa dilakukan mulai dari hal yang sederhana hingga rumit, karena ini nantinya akan bisa membantu ketika sudah dewasa nantinya.

Lalu harus seperti apa yang bisa dilakukan dan dibangun sejak kecil contohnya adalah mengupas telur. Mungkin banyak yang meremehkan tentang kemampuan anak mengupas telur padahal dari mengupas telur ini secara mandiri anak akan belajar tentang keterampilan hidupnya.

Salah satunya adalah anak belajar tentang kesabaran, problem solving atau cara memecahkan masalah,  kesabaran, kemampuan sensori dan motorik halus, melatih koordinasi antara mata dan tangannya, melatih fokus, konsentrasi, hingga kepercayaan dirinya. Ternyata banyak sekali ya efek dari anak belajar mengupas telur nya sendiri sampai tuntas tanpa ada bantuan dari orang lain.

Banyak hal nanya lagi dalam praktik kelas yang bisa orang tua berikan kepada anak selama di rumah kok. Misalkan saja menyapu, mencuci piring, menyiram tanaman, mencuci baju hingga mengambil makanannya sendiri dengan lauk yang dipilihnya sendiri. Tentunya kemampuan ini harus disesuaikan dengan usia anak ya dan tahap perkembangannya.

Biasanya anak akan lebih banyak melakukan berbagai kegiatan ini secara lebih mandiri pada usia Paud atau TK taman kanak-kanak. Tapi tidak menutup kemungkinan sejak usia 2 tahun anak sudah bisa diajari beberapa hal mulai dari hal yang paling sederhana dan juga mengajarkan anak tentang berproses terhadap sesuatu yang dia kerjakan.

Sekian informasi tentang practical life pada anak dengan kegiatan dirumah yang tentunya sederhana tapi tidak bisa diremehkan hasilnya ketika ia dewasa. Semoga bisa membantu kamu yaa dan Apabila ada pertanyaan seputar ini silahkan tinggalkan komentar di bawah ini terima kasih.

Post a Comment for " Pentingnya Practical Life Pada Anak Sejak Dini"