Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Langkah Melatih Anak Siap Calistung

Hai moms tak terasa ya kalau si kecil sudah saatnya untuk masuk sekolah nih. Kira-kira apa saja yang sudah moms and dads lakukan bersama si kecil untuk mempersiapkan diri memasuki usia sekolah. 

Pastinya banyak sekali ya tentunya selain mempersiapkann perlengkapan sekolah nih. Misalkan tas, alat tulis, hingga seragam dan juga tentunya pilihan sekolahnya nih. 


Namun apapun kesiapan yang sudah dilakukan, yang terpenting adalah si kecil sudah siap untuk memasuki dunia pendidikan formal. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan si kecil bersama moms dan dads di rumah salah satunya yakni kesiapan belajar, yakni calistung alias baca tulis hitung.

Apakah si kecil sudah disiapkan atau diajarkan jauh-jauh hari untuk calistung? Jika belum maka lakukan beberapa hal dasar dibawah ini yuk moms untuk membantu dan melatih si kecil agar lebih siap untuk melatih otot untuk calistung juga kemampuan motoriknya.

1. Mengupas telur

Mau pasang Kang telur bisa dilakukan di tiap pagi ya bonusnya adalah si kecil bisa sarapan telur rebus juga nih, hehe.

Manfaat lainnya yakni bisa melatih otot otot tangan si kecil dalam mengupas telur dan juga ketelitian juga beserta kesabaran. Selain itu bonus melatih motorik halus nya juga nih moms. Hal ini nantinya akan bermanfaat juga untuk melatih si kecil dalam memegang pencil dan alat tulis lainnya.

2. Menuangkan air ke dalam botol

Menuangan air ke dalam botol ini anggap saja sekalian mainan si kecil ya moms hihi. Karena biasanya si kecil pun akan senang karena sambil bermain air.

Tapi ada sisi lain yang bermanfaat loh ketika si kecil dilatih menuangan air ke dalam botol ke botol dengan tepat. Yakni ketepatan dalam membaca dan menulis, jadi si kecil bisa fokus jika menulis, menggambar dengan tepat sesuai polanya. 

3. Meletuskan bubble wrap dengan jari

Salah satu manfaat dari bermain sambail belajar dengan bubble wrap ini adalah si kecil mampu melatih otot otot jari jemarinya satu persatu untuk meletuskan bubble wrap loh moms. Ternyata bagi usia si kecil itu susah susah gampang tapi menyenangkan yaa..

4. Membuka dan menutup resleting jaket 

Hal lain ketika ingin melatih motorik halus beserta otot tangan dengan cara yang paling hemat yakni dengan membuka dan menutup resleting jaket nih.. 

Karena si kecil dirumah pasti memiliki jaket atau jaket ayah bundanya juga bisa kok, jadi manfaatkan buat berlatih bersama yaa parents. 

Si kecil pasti lebih semangat dan senang apabila ditemani dengan orangtuanya bukan.

5. Melepas dan menempel sticker

Cara lain belajar sambil bermain yang menyenangkan adalah bermain menempel sticker yang menarik bagi si kecil. 

Jangan diremehkan nih moms and dads ketika si kecil bisa mandiri dalam menempel stickernya karena dalam ini dibutuhkan koordinasi antara konsentrasi, ketelitian, kemampuan motorik beserta otot tangan yang dilakukan secara bersamaan.

 

Post a Comment for "5 Langkah Melatih Anak Siap Calistung"