Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membangun Cinta Literasi Sejak Dini Pada Anak

Hai moms siapa nih yang bingung giamana caranya agar si kecil bisa suka membaca? Minimal suka deh sama buku. 

Nah, bumin ada tips nih cara untuk mengenalkan agar anak kita bisa mencintai literasi sejak kecil. Caranya mudah sekali, namun harus konsisten dan bertahap nih moms. Apa saja sih tipsnya, yuk simak berikut ini. 


Pertama mengenalkan anak pada buku. Agar anak bisa mencintai literasi maka ia harus kenal terlebih dahulu. Buku yang dikenalkan juga harus sesuai dengan milestone si kecil nih moms, alias sesuai usia si anak. 

Nggak mungkin kan kita ngasih buku yang banyak tulisan dan minim gambar sama anak yang masih usia balita? Atau memberikan gambar yang abstrak pada bayi. 

Nah sehingga penting banget nih kenal dengan tahapan usia anak sekaligus buku yang pas sesuai dengan tahapan usianya.

Selain itu sesuaikan dengan apa yang anak sukai yaa parents. Misalkan ingin mengenalkan cara berhitung dengan gambar hewan, padahal anak lagi sangat suka sukanya dan tetatarik dengan gambar yang bertema otomotif atau mobil mobilan.

Jadi harus relate yaa antara apa yang sekarang anak kita lagi suka dan senang sekalii agar lebih mudah dan menyenangkan ia belajar sambil bermain juga nih moms. 

Kemudian yang terakhir jangan paksa anak jika ia tidak mau yaa parents. Mengenalkan buku pada si kecil harus dengan cara yang menyenangkan. Jika perlu libatkan si kecil untuk membeli dan memilih bukunya sendiri yaa, agar ia merasa terlibat dan bertanggungjawab untuk membacanya..

Jurus yang terakhir adalah temani si kecil saat membaca buku agar lebih menyenangkan. Dan coba ceritakan dengan intonasi dan gaya bercerita yang tentunya bikin si kecil akan penasaran sehingga akan menyentuh dan membuka isi buku yaa parents. Selamat mencoba yaah..

Semoga tips dan informasi ini bisa bermanfaat yaa. Apabila ada pertanyaan lain seputar ini atau ingin bumin berbagi tips lainnya silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini.


Post a Comment for " Cara Membangun Cinta Literasi Sejak Dini Pada Anak"