Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips mengisi waktu setelah lulus sambil menunggu kerja

Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan ketika kamu akan lulus atau kamu lagi menunggu panggilan interview kerja dari perusahaan atau instansi yang kamu lamar, berikut tips yang bisa kamu kerjakan sampai keberuntunganmu datang. 

lulus kuliah, kerja,

Coba lamar pekerjaan sebelum kamu resmi lulus


Nah para freshgraduaters banyak yang kehilangan di start awal nih. Salah satunya setelah sidang dan kamu dinyatakan lulus, sebenarnya saat itu juga kamu bisa curi start awal untuk apply kerja di by internet atau langsung masukkan surat lamaran ke instansi yang kamu ingin lamar. 

Jangan lupa juga untuk check memang perusahaan atau instansi tersebut memang butuh posisi yang sesuai dengan keahlian kamu ya.. jangan lupa juga buat meminta surat keterangan lulus atau surat pendamping ijazah untuk melamar kerja sembari ijazah aseli yang diterbitkan oleh kampusmu.

Manfaatkan social media


Kalau kamu memang berniat nggak mencuri start di awal untuk apply kerja karena pengen rebahan dan refreshing sejenak setelah berjuang mati-matian sekian lama untuk menyelesaikan tugas akhirmu atau skripsimu. 

Maka nggak mungkin kan kamu jauh-jauh dari yang namanya gadget dan sosmed, nah waktu kamu stalking menggunakan sosmed gunakanlah sesekali untuk bijak, stalking pekerjaan lewat sosmed kamu, sekarang sudah banyak kok perusahaan yang punya official account dan upload lowongan kerja di sosmed mereka selain di website dan offline yaa.. 

Jadi gunakan kesempatan rebahanmu ini dengan baik sambal stalking sosmed perusahaan yang sedang kamu incar.

Upgrade kemampuanmu


Setelah kamu dinyatakan lulus kuliah pasti kamu lega banget kan, ada yang langsung dapat kerja dan ada juga yang nunggu berbulan bulan hingga satu dua tahun untuk dapat bekerja.

Nah buat kamu nih yang lagi nunggu panggilan interview prepare yourself with upgrade your knowledge and skill yaa.. ingat kemampuan dasar dari berbagai disiplin ilmu adalah salah satunya nggak gaptek ya guys, ingat sekarang jaman serba digital sehingga kemampuanmu dalam hal itu basic dan wajib kamu kuasai. 

Kemudian upgrade skill kamu yang lainnya, kalua kemampuanmu di bidang it makan kamu harus punya kemampuan di bidang itu dan skill penunjang yang lain, begitu pula jika di pendidikan maka kamu harus selalu upgrade dengan skillmu mengajar dan uptodate pula dalam bidang pendidikan, begitu pula dengan jurusan yang lain

Perlu mencoba digital


Nah ini nih opsi yang semua disiplin ilmu bisa lakukan, karena sekarang lagi musim digitalisasi yang melanda semua generasi kamu bisa nih mencoba buat jadi vlogger, youtuber bahkan menjadi selebgram. 

Eits jangan diremehin pekerjaan ini yaa, karena dari sini kamu bisa memulai mengenalkan produk kamu, yaps salah satu manfaatnya adalah kamu bisa berdagang, bahkan kamu bisa membuat endors untuk produk lain dan kamu dapat pemasukan sembari menunggu panggilan interview loh.

Demikian tips cara menunggu interview kerja setelah lulus yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat yaa.

Post a Comment for "4 Tips mengisi waktu setelah lulus sambil menunggu kerja"