Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapkan Hal ini Sebelum Menikah

Menikah merupakan hal yang sakral bagi seseorang, seringkali dengan sebutan komitmen  sekali seumur hidup. Pernikahan dianggap sebagai komitmen dan loyalitas pada pasangan sampai akhir hayat.

Pernikahan tidak melulu soal bahagianya saja, seperti melihat cerita di sinetron atau buku fiksi. Ada banyak macam perasaan yang terjadi seperti sedih, kecewa, hingga amarah yang juga harus dihadapi.



Pada realitasnya menikah memang mengharuskan saling bertumbuh bersama dan mampu mengkomunikan apapun dengan baik, termasuk menghadapi segala permasalahan yang akan silih berganti.

Suatu hal yang terkadang membuat seseorang lebih berhati-hati memutuskan untuk menikah memang banyak alasan. Namun ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan dan siapkan sebelum menikah, misalkan seperti

1.      Persiapkan mental

     Menikah tidak hanya melulu soal kesiapan materi, tapi kesiapan mental itu nomor satu. Memang setelah menikah banyak perubahan yang akan terjadi, terutama tanggung jawab kepada diri sendiri dan keluarga. Harus siap ketika ditempa berbagai permasalahan mulai dari intern rumah tangga hingga eksternal alias sosial ekonomi dan sebagainya yaa.

     Seperti menjadi support system bagi pasangan, permasalahan ekonomi  hingga quality time atau bahkan misalnya ketika gaji istri lebih besar dari suami hal ini harus di diskusikan sebelumnya ya guys.

     Sedangkan waktu ketika bermasyarakat pasti juga banyak masukan, komentar hingga kritik dari berbagai pihak kepada keluarga kita. Tidak apa-apa, karena dengan memahami dan menghadapi suatu permasalahan akan membuat kita belajar lebih dewasa dan membuat mental kita semakin tangguh loh.

2.    Siapkah Ekonomi Kamu

      Tidak dipungkiri memang kesiapan ekonomi menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. ketika kamu ingin menjadi pasangan yang mandiri alias tidak tinggal dengan mertua atau orang tua dan memutuskan untuk membeli rumah sendiri, nyicil atau mengontrak hingga kos. 

      Hal ini perlu dipikirkan, karena kebutuhan dalam rumah tangga tidak sedikit ya guys. Seperti kebutuhan makan, dapur, transportasi, telekomunikasi, dan biaya-biaya laainnya. Sebisa mungkin usahakan untuk menabung dan memiliki dana darurat.

3.      Diskusikan apa yang kamu inginkan dengan pasanganmu

       Komunikasi sangat penting yaa, ingat diskusikan apa yang kamu inginkan setelah menikah misalkan cira-cuta atau masih adatanggungan. Jangan memendamnya karena bisa menjadi penyakit di rumah tangga nantinya loh. 

    Misalkan keputusan melanjutkan bekerja atau tidak setelah memiliki anak. Setelah menikah tinggal sendiri atau dengan orang tua atau mertua. Keputusan melanjutkan studi, membuka usaha dan semua keinginanmu dan mimpimu lainnya harus disampaikan ya, jangan sampai menjadi uneg-uneg yang terpendam hingga menumbuhkan bibit-bibit masalah yang baru.

    Jika diperlukan kamu dan pasangan bisa juga berkonsultasi pada profesional seperti konselor keluarga atau psikolog mengenai hubunganmu, tentunya kamu dan pasangan akan lebih terbantu dan mantap untuk melangkag ke jenjang selanjutnya.

4.      Selalu Belajar

Menikah tidak hanya melulu tentang kamu saja ya guys, tapi mulai sekarang ada pasangan dan dua keluarga yang juga harus diperhatikan. belajar menurunkan ego dan menerima pendapat orang lain serta menerima keputusan bersama semua itu harus kamu hadapi nanti. 

Tidak menjadi egois, kurang bersyukur dan juga mengubah life syle yang kurang baik, mementingkan duniamu sendiri dan lain sebaginya itu harus dirubah yaa, nggak harus cepat tapi pelan-pelan tapi pasti, selalu intropeksi diri yaa..

Karena ketika menikah hidupmu bukan tentang kamu saja, melainkan dua orang dan juga anakmu. Selalu belajar dan membuka wawasan akan menjadi bekal dalam mengarungi rumah tangga dengan baik.

Beberapa tips diatas  bisa kamu persiapkan sebelum menikah ya, tentunya penulis berharap kamu bisa berbahagia dan bertumbuh bersama dengan pasangan kamu sampai akhir hayat. Jika tulisan ini bermanfaat buat kamu silahkan tinggakan pesan di bawah ini.  Terimakasih :)


1 comment for "Persiapkan Hal ini Sebelum Menikah"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete