Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Si Kecil Pada Usia Golden Age, Mau Diapain?

Hai moms, apakah si kecil lagi di usia golden age atau masa usia emas anak? Sebetulnya golden age sendiri itu apa sih, kenapa dianggap sanggat penting untuk tahapan usia anak? Apa saja yang perlu disiapkan dan perhatikan selama anak menjalani masa emasnya ini.. yuk kita bahas moms..

Yaps, sebegitu pentingnya masa golden age ini ibaratkan sebuah pondasi anak loh moms, bagaimana tidak bagian terpenting tubuh manusia yakni otak akan bertumbuh secara maksimal hanya pada usia ini. Juga hanya ada pada rentang usia 0-6 tahun saja selama masa hidup kita.



Lalu, semaksimal apa otak berkembang pada masa golden age? Ibaratnya hampir 90% wow ajaib bukaan.. lalu 10% nya berkembang kemana? Ya tetap berkembang sampai usia dewasa moms, setelah masa golden age terlewati..

Tanpa kita sadari sebagai orang dewasa, perkembangan dan pertumbuhan anak kita pada usia balita sangat cepat bukan? Seperti tengkurap, merangkak dan berjalan semua itu dilalui hanya beberapa bulan dengan perubahan yang cepat.

Belum lagi pada kemampuan berbahasa anak bagaimana si kecil bisa mengucap satu dua kata saja sampai bisa menyusun kalimat dengan tepat dan dengan mudah kita pahami. Semua itu terjadi pada si kecil dalam  masa ke emasannya, kenapa hal itu disebut dengan masa keemasan anak yakni golden age.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengoptimalkan masa golden age anak ini? Salah satunya  yang bisa dilakukan dengan mengajari dengan tepat sesuai perkembangan si kecil. setiap anak akan berbeda-beda dalam pertumbuhan dan perkembangannya, baik dirasa cepat atau sebaliknya.

Sehingga perhatian yang kita lakukan akan membantu memaksimalkan masa emas anak ini dengan mengajarinya dengan penuh kasih sayang tanpa paksaan ya pak buk. Bila perlu konsultasikn dan libatkan ahli spesialis anak ataupun psikolog anak dalam mengobservasi tahap perkembagan dan kemampuan anak.. 😊

 

Post a Comment for "Si Kecil Pada Usia Golden Age, Mau Diapain?"