Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menstimulasi Otak Melalui Gerakan Tangan

Hai moms, hayo siapa di sini yang suka menginstruksikan anak kita untuk selalu menggunakan tangan kanan saja?  Memang hal ini benar karena sesuai norma yang ada di masyarakat. Namun tahukah moms, jika fungsi dari tangan kiri juga sama pentingnya loh, Mengapa?

Karena sangat pentingnya gerakan tangan dan kiri ini harus bisa dimaksimalkan dalam setiap proses stimulasi. Setiap gerakan yang mengintegrasikan kedua tangan kita akan langsung langsung terintegrasi oleh otak kita.



Tangan kanan akan terintegrasi dengan otak kiri dan tangan kiri akan terintegrasi dengan otak kanan. Nah sebetulnya mengajarkan anak sejak dini selalu menggunakan tangan kanan memang tidak salah namun jika anak menggunakan tangan kirinya juga untuk melakukan aktivitas pada usia 0 sampai 2 tahun maka jangan dilarang ya moms, karena karena pada usia ini anak belum mengerti tentang dominasi tangannya kok.

Sehingga masih sangat tidak apa-apa jika penggunaan tangan kanan dan kiri pada anak juga akan membantu optimalisasi pada otaknya. Apalagi pada saat bermain penggunaan tangan kanan dan kiri juga perlu dioptimalisasikan karena akan bermanfaat bagi perkembangan otak.

Nah baru pada saat usia diatas dua tahun mams boleh mengajari anak untuk menggunakan dominan tangan kanannya untuk makan berjabat tangan dan sebagainya. Sebenarnya jika moms mengajari anak untuk berjabat tangan makan dengan tangan kanan maka anak juga akan terbiasa dan mengikuti.

Namun alangkah baiknya jika menggunakan kedua tangan dan juga seluruh motorik dan sensori tubuh anak saat bermain bahkan dengan gerakan saat bermain akan lebih baik dan mengintegrasikan seluruh anggota tubuh dengan otak karena dengan bermain snaps pada otak juga akan saling terhubung dan berkembang.

Jika moms memiliki pertanyaan saputar anak dan memiliki pengalaman yang sama mengenai tulisan ini silakan tinggalkan pesan di kolom komentar, terima kasih.

Post a Comment for " Cara Menstimulasi Otak Melalui Gerakan Tangan"