Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Aktivitas Practical Life Sederhana Anak Di Rumah

Hai moms Apa kabar tentunya masih sehat bukan bersama si kecil dan keluarga harus tetap sehat dan semangat setiap hari yaa. Kali ini saya akan membahas tentang practical life atau kegiatan keseharian yang sangat berguna dan bermanfaat bagi anak kedepannya. Oh ya practical life ini juga merupakan salah satu metode yang diajarkan dalam kurikulum montessori di sekolah anak PAUD-TK loh.


Pentingnya practical life ini sendiri bagi anak adalah agar anak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri mulai dari hal-hal yang terkecil sesuai dengan usianya hingga berguna saat ia dewasa nanti. Bayangkan saja misalkan sedari kecil anak tidak diajari untuk mencuci baju saat dewasa ketika bajunya kotor akan bingung dengan apa yang akan dilakukan, bagaimana tahapan mencuci baju yang benar agar bersih, lalu kemudian apa yang harus dilakukan, dan sebagainya.

Nah kabar baiknya, moms juga bisa mengajarkan si kecil tentang kegiatan practicel life ini di rumah dengan menyenangkan. Sebelumnya mengajari anak dirumah juga kita harus pintar pintar menata bahasa dan kosakata pada anak agar tidak terkesan untuk menyuruhnya saja. Tapi berikan juga pengertian yang bisa dipahami juga temani dan bimbing anak saat melakukan kegiatannya ya moms, apalagi hal ini adalah pengalaman pertamanya pasti si kecil akan antusias.


Beberapa kegiatan practicel life yang bisa moms coba dan biasanya disukai anak dibawah ini antara lain yakni :

1. Mencuci baju dan menjemurnya

Siapa sih anak yang tidak suka dengan main dengan air, apalagi banyak pula airnya rasanya seperti ingin berenang kan hehe. Tentunya mencuci baju ini disesuaikan dengan kapasitas anak ya moms, dan juga mengenalkan apalagi jika pertama kali. Baju yang dicucipun baju si kecil sendiri ya moms, jadi nilai yang didapat juga si kecil belajar bisa bertanggungjawab dengan dirinya sendiri mulai dari memcuci dan membersihkan baju yang dipakai.

2. Menyiram tanaman

Apalagi dengan air yang mengalir dari selang membuat si kecil bersemangat dengan kegiatan ini. Dari kegiatan practical ini anak juga diajarkan untuk lebih peduli pada sesamanya dan mengenalkan keseharian rutin yakni bertanggungjawab pada tanaman yang sudah ia tanam.

3. Memandikan hewan peliharaan

Jika berhubungan dengan makhluk hidup apa lagi hal ini pertama kali bagi anak terus harus selalu mendampingi dan mengawasinya ya. Kegiatan ini sangat menyenangkan bagi anak loh karena anak akan merasa dilibatkan dalam merawat hewan peliharaannya dan memiliki tanggung jawab sesama makhluk Tuhan seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan hingga perawatan lainnya.

4. Membereskan mainan setelah dipakai

Kegiatan ini akan mengajarkan tanggungjawab pada anak dimulai dari hal terkecil. Dengan mengembalikan barang ke tempat semula si kecil juga akan belajar kerapian dan meningkatkan daya ingatnya, anak juga lebih mandiri. Jika anak butuh bantuan moms juga segera hadir yaa agar ia merasa ditemani, tapi tekankan dan beri feedback sederhana pada anak misalakan jika tidak ingin seperti ini membereskan mainan banyak yang melelahkan maka ambil mainan secukupnya saja ya kak dan sebagainya.

5. Menyiapkan makanan sendiri

Tentunya kegiatan ini dilihat pada usia anak ya moms, usia anak masih 2 hingga 4 tahun maka moms bisa memperkenalkan kegiatan ini tapi jika usia anak sudah memasuki usia sekolah maka moms bisa mendampingi dan memberi contoh pada anak. Misalkan membuat susu sendiri, mengambil sendok dan garpu juga nasi dan memakan makanannya sendiri hingga mencuci piring. Itu semua adalah contoh dari kegiatan practical life untuk anak yang mengajarkan kemandirian dalam hal makanan.

6. Memakai baju atau seragam sekolah hingga memakai sepatu secara mandiri

Memang awalnya akan terlihat sulit ya moms, tapi jangan pernah menyerah. Ajari anak satu per satu kegiatan misalkan saja memakai baju lalu tingkatkan sampai bisa mengancingkan sendiri kemudian mengajari anak untuk tatacara memakai sepatunya sendiri. Jangan lupa memberi contoh yaa parents pada anak karena orang tua adalah role model bagi anak, dan ingat anak adalah peniru ulung.

Semua kegiatan memang butuh proses dan tidak ada yang instans. Buatlah semua hal itu menyenangkan bagi anak dan pastikan tidak menyuruhnya dengan terburu-buru, karena si kecil masih belajar dan berproses hingga nantinya dia akan bisa mandiri menyelesaikan semua dan menjadi mahir hingga bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Jika anda menyukai tulisan ini dan bermanfaat, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih :)

Post a Comment for "Ide Aktivitas Practical Life Sederhana Anak Di Rumah"