Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Bunda, ajak anak bermain! Ada banyak manfaat bermain bagi anak

Bermain adalah hak setiap anak, dengan bermain anak akan menjadi lebih bahagia. Siapa yang disini para bunda dan ayah masih takut jika anak-anaknya bermain? 

anak, bermain, psikologi, parenting

Yah, kekhawatiran ayah bunda  dan keinginan untuk melindunginya selalu adalah hal yang wajar, sehingga bisa jadi kita sebagai orangtua melakukan over protective kepada si buah hati untuk memilah mana permainan atau bermain yang diperbolehkan baik selama di dalam rumah atau diluar rumah, yaa kan?.

Namun, tahukah ayah bunda jika bermain dalam hal fisik (dengan menggerakkan seluruh badan anak) tidak selamanya buruk, mengapa? 


Karena masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhannya dan perkembangannya  sangat cepat sekali loh. Ayah dan bunda tahu kan, perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan itu apa? 

Jika pertumbuhan adalah secara fisik maka perkembangan adalah hal yang bersifat non fisik yakni psikososioemosional anak. Masa kanak-kanak adalah masa untuk belajar dan keingintahuannya sangat tinggi, sehingga sangat membutuhka orang-orangterdekatnya untuk membimbing dan mengawasinya. 

Dengan bermain di dalam rumah adalah hal yang wajar terutama jika ayah dan bunda adalah orangtua yang suka khawatir kepada buah hatinya, namun perlu dicoba untuk membiarkan anak kita bermain dengan kawan-kawannya diluar rumah, namun tetap pada pengawasan kita yaa ayah bunda, jangan sampai kita lelah dan lengah.

Bermain diluar ruamh terutama bersama teman-teman dapat membantu anak untuk belajar berinteraksi, bersosialisasi bahkan cara berempeti kepada sesama temannya. Dalam keuntungan fisik bisa menjadikan anak lebih sehat dengan cara yang menyenangkan yakni bermain.  

Namun jangan khawatir yaa ayah bunda, kalian juga bisa mengajak anak bermain yang menyenangkan dirumah bersama anda, misalkan bermain petak umpat, bermain kejar kejaran (tentunya masih dalam batas wajar yaa) sampai bermain menjadi boneka boneka atau mobil-mobil khayalan anak anda tentunta dengan seperti itu juga akan membantu mengasah dan melatih komunikasi serta kosakata anak anda.

Alangkah lebih indahnya bermain dengan teman-teman sebayanya dan orangtuanya dengan sesekali menjauhkan gadget dari kita. Selamat mencoba ayah bunda..

Penulis  : Farida Alisha Fasa, S.Psi

1 comment for "Yuk Bunda, ajak anak bermain! Ada banyak manfaat bermain bagi anak"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete