Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Terhindar Dari Insecure Pada Ibu Muda

Hai moms adakah mom yang merasakan atau bahkan ada yang sedang mengalami dimana berada pada posisi merasa cemas, ketidakberdayaan atau mampu bahkan tertekan saat sedang merawat si kecil atau hal ini biasa disebut dengan insecure?. 

Seperti halnya sering dapat komentar yang kurang enak di telinga oleh tetangga nih tentang cara merawat si kecil, upload foto si kecil dan dibilang netizen kok anaknya begini begitu? bahkan dari tetangga, saudara hingga keluarga dan lainnya ikut berkomentar dalam gaya pengasuhan sikecil oleh moms?



Jangan tertekan ya mom, jangan merasa cemas dahulu. Yuk moms mari berpikir positif menenangkan diri sejenak, ceritan kepada pasangan tentang keluh kesah moms dalam merawat si kecil. Moms berhak kok memilih gaya pengasuhan dan perawatan yang terbaik untuk si kecil. 

Memang seringkali orang yang lebih tua memberikan masukan karena ada pengalaman terdahulu dalam merawat anak-anaknya juga. Boleh kok moms memilih dan memilah masukan yang diberikan para orangtua dan juga memberikan feedback tanpa mengurangi rasa hormat moms kepada yang sudah memberikan masukannya. 

Beberapa tips berikut yang bisa moms pilih untuk meringankan insecure yang moms alami..

1.       Komunikasi pada pasangan

Apapun yang terjadi dan moms alami baik dalam pengasuhan dan persoalan moms boleh kok moms komunikasikan pada pasangan. Karena apapun yang terjadi pasangan juga berhak tau, jangan dipendam sendirian ya moms.. 

Dengan bercerita kepada pasangan akan mengurangi perasaan menjadi lebih lega dan bahagia karena menghadapi bersama-sama dengan pasangan. Siapa tau pasangan moms menjadi lebih peka dan lebih manjain moms kan..

2.       Sesekali perlu menutup telinga

Jika moms sudah merasa bahwa omongan sana sini buat si kecil dan kritikan ke moms dirasa sudah kelewat batas, boleh kok moms sesekali menutup telinga dan menjadi diri moms sendiri selama itu baik buat moms dan si kecil yaa.. 

Tanggapi juga segala masukan dan kritikan dengan sikap elegan nin moms misalkan dengan memmberikan feedback dengan bukti konkret misalkan dari dokter anak atau dari hasil penelitian dan sebaginya yah, juga tidak perlu emosi ya moms. Hihi

 

3.       Agendakan ME-TIME

Apapun yang sedang terjadi dan bagaimana pun kondisinya moms merawat si kecil moms berhak untuk punya me time di sela-sela kesibukan moms, memang mencuri curi waktu untuk me time memang agak sulit yaa karena kepikiran si kecil terus nih.. 

But, me time bukan berarti harus punya waktu yang panjang seharian, bukan berarti juga harus mahal ya moms. Cobalah cari sesuatu yang menyenangkan bagi moms yang itu tidak membuat moms meninggalkan si kecil bahkan jika tiap si kecil tidur moms bisa melakukannya. 

Misalkan melihat drama korea per episode, atau memasak hingga merajut? Hal apapun bisa ya moms, jika perlu komunikasikan pada pasangan jika mom ingin me time sehingga pasangan bisa ikut membantu moms sejenak.

4.       Konsultasikan pada profesional

Hai moms jika dirasa permasalahan moms sudah berat maka mulailah mencari profesional untuk membantu moms ya, jika ada indikasi baby blues maka akan segera bisa tertangni dengan baik. Moms bisa gunakan opsi aplikasi untuk berkonsultasi kepada profesional jika tidak bisa hadir ke tempat untuk berkonsultasi. Juga waktu moms akan lebih fleksibel jika menggunakan aplikasi tersebut.

Nah beberapa tips diatas bisa moms coba ya.. jika moms suka dengan tulisan ini silahkan berbagi komentar di bawah ini, terimakasih 😊

 

Post a Comment for "Cara Jitu Terhindar Dari Insecure Pada Ibu Muda"