Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Tak terasa pandemic corona virus ini akan berlangsung cukup lama dan memberikan dampak yang signifikan bagi perubahan pola hidup seseorang. Harapan dan keinginan baik dari pemerintah maupun masyarakat tentunya berharap pandemic ini segera berakhir dan Kembali ke kebiasan semula.

kesehatan mental, pandemi, covid 19, corona, psikologi,

Hampir mulai dari  segala sektor usaha dan habit seseorang berubah, diantaranya adalah kebutuhan hiburan karena perubahan yang terjadi.

Perubahan ini membawa tekanan masing-masing pada diri seseorang yang menghadapinya diantara adalah ketidakpastian kapan berakhirnya pandemic, menjaga diri dengan meningkatkan Kesehatan fisik dan merubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar tetap menjaga Kesehatan mental kamu tanpa khawatir harus berekspektasi pergi berlibur maupun hal – hal lain yang membuat kamu khawatir, antara lain adalah

Berolah raga dirumah

Lakukan secara rutin meski awalnya akan terasa berat dan harus dipaksa untuk melakukan, ingat membangun habit atau kebiasaan perlu dilakukan setiap hari lalu tanpa sadar kamu akan melakukan habit tersebut dengan sangat mudah bahkan tanpa kamu sadari, misalkan mencuci tangan. 

Hal ini sama saja jika kamu berolahraga dipagi hari akan membantu Kesehatan fisikmu. Ingat Kesehatan fisik dan mental memiliki keterkaitan yaa..

Mencari hobi tersembunyi

Carilah hobi yang menurutmu menyenangkan Ketika dilakukan sendiri dan tentunya di dalam rumah. Cara menemukan hobi yang tersembunyi bisa dengan cara refleksi diri, membuat catatan like and dislike. 

Selain itu bisa bertanya kepada orang terdekat kecuali berbelanja barang yang tidak dibutuhkan di online shop yaa. Catat hal-hal yang kamu suka dan lakukan satu persatu untuk bisa menjadi fokus kamu, siapa tahu kamu bisa menjual ide kreatifmu melalui hobi barumu ini 😊

Self Care

Atau merawat diri perduli dengan diri sendiri disini sangat mendukung Kesehatan mentalmu yaa, selain selalu berpikir positif dalam keterbatasan yang terjadi, self care ini akan membantumu membuat segala sesuatu lebih menyenangkan. Perhatikan alarm dalam dirimu jika kamu sudah merasa bosan dan butuh hiburan maka lakukankah. 

Carilah hiburan dan reward untuk dirimu sendiri setelah berhasil melewati beberapa hal dalam hari-harimu yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan tenaga yang ekstra, karena kamu berhak mendapatkannya, ingat tentunya dengan tidak berlebihan yaa. Selamat mencoba.

Penulis : Farida Alisha Fasa, S.Psi.

Post a Comment for " 3 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi"