Skip to main content

3 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Tak terasa pandemic corona virus ini akan berlangsung cukup lama dan memberikan dampak yang signifikan bagi perubahan pola hidup seseorang. Harapan dan keinginan baik dari pemerintah maupun masyarakat tentunya berharap pandemic ini segera berakhir dan Kembali ke kebiasan semula.

kesehatan mental, pandemi, covid 19, corona, psikologi,

Hampir mulai dari  segala sektor usaha dan habit seseorang berubah, diantaranya adalah kebutuhan hiburan karena perubahan yang terjadi.

Perubahan ini membawa tekanan masing-masing pada diri seseorang yang menghadapinya diantara adalah ketidakpastian kapan berakhirnya pandemic, menjaga diri dengan meningkatkan Kesehatan fisik dan merubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar tetap menjaga Kesehatan mental kamu tanpa khawatir harus berekspektasi pergi berlibur maupun hal – hal lain yang membuat kamu khawatir, antara lain adalah

Berolah raga dirumah

Lakukan secara rutin meski awalnya akan terasa berat dan harus dipaksa untuk melakukan, ingat membangun habit atau kebiasaan perlu dilakukan setiap hari lalu tanpa sadar kamu akan melakukan habit tersebut dengan sangat mudah bahkan tanpa kamu sadari, misalkan mencuci tangan. 

Hal ini sama saja jika kamu berolahraga dipagi hari akan membantu Kesehatan fisikmu. Ingat Kesehatan fisik dan mental memiliki keterkaitan yaa..

Mencari hobi tersembunyi

Carilah hobi yang menurutmu menyenangkan Ketika dilakukan sendiri dan tentunya di dalam rumah. Cara menemukan hobi yang tersembunyi bisa dengan cara refleksi diri, membuat catatan like and dislike. 

Selain itu bisa bertanya kepada orang terdekat kecuali berbelanja barang yang tidak dibutuhkan di online shop yaa. Catat hal-hal yang kamu suka dan lakukan satu persatu untuk bisa menjadi fokus kamu, siapa tahu kamu bisa menjual ide kreatifmu melalui hobi barumu ini 😊

Self Care

Atau merawat diri perduli dengan diri sendiri disini sangat mendukung Kesehatan mentalmu yaa, selain selalu berpikir positif dalam keterbatasan yang terjadi, self care ini akan membantumu membuat segala sesuatu lebih menyenangkan. Perhatikan alarm dalam dirimu jika kamu sudah merasa bosan dan butuh hiburan maka lakukankah. 

Carilah hiburan dan reward untuk dirimu sendiri setelah berhasil melewati beberapa hal dalam hari-harimu yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan tenaga yang ekstra, karena kamu berhak mendapatkannya, ingat tentunya dengan tidak berlebihan yaa. Selamat mencoba.

Penulis : Farida Alisha Fasa, S.Psi.

Popular posts from this blog

4 Tips mengisi waktu setelah lulus sambil menunggu kerja

Ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan ketika kamu akan lulus atau kamu lagi menunggu panggilan interview kerja dari perusahaan atau instansi yang kamu lamar, berikut tips yang bisa kamu kerjakan sampai keberuntunganmu datang.  Coba lamar pekerjaan sebelum kamu resmi lulus Nah para freshgraduaters banyak yang kehilangan di start awal nih. Salah satunya setelah sidang dan kamu dinyatakan lulus, sebenarnya saat itu juga kamu bisa curi start awal untuk apply kerja di by internet atau langsung masukkan surat lamaran ke instansi yang kamu ingin lamar.  Jangan lupa juga untuk check memang perusahaan atau instansi tersebut memang butuh posisi yang sesuai dengan keahlian kamu ya.. jangan lupa juga buat meminta surat keterangan lulus atau surat pendamping ijazah untuk melamar kerja sembari ijazah aseli yang diterbitkan oleh kampusmu. Manfaatkan social media Kalau kamu memang berniat nggak mencuri start di awal untuk apply kerja karena pengen rebahan dan refreshing sejenak setelah berjuang mat

Cara mudah mengajari anak memecahkan masalah

Memecahkan masalah bisa dilakukan oleh anak sejak usia dini. Dengan mengajarkan anak memecahkan masalah juga bisa dikatakan mengajarkan anak kemandirian. Banyak kasus yang dihadapi oleh orang tua, seperti ketika anak menjadi rewel, menangis hingga melakukan sesuatu yang membuat kita melabelinnya dengan kata “nakal”.   Apalagi ketika anak menangis histeris karena menuruti apa yang kita mau. Tak jarang juga kita menghentikan aktivitas anak kita ketika melakukan sesuatu entah itu membuatnya menjadi kotor, berbahaya atau kekhawatiran semata, karena ketidaktahuan anak kita sehingga ia pun menangis.  Berat sekali yaa bun menjadi ibu, sehingga hal itu yang membuat anda menjadi hebat, hebat untuk memiliki kesabaran dan ketangguhan menghadapi anak, menjadi orang pertama  yang dicari ayah untuk menenangkan anak, nama pertama yang disebut anak ketika ia menangis. Waah hebat sekaii yaa bunda! Nah begitu juga ketika buah hati kita menangis ya bunda, pasti bunda menjadi penenang pertama bagi anaknya