Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Self Care, Why Not?

Hai apa kabar, semoga sekarang kamu baik baik saja ya.. Dari judul pasti sudah ketebak bukan apa sih yang akan dibahas pada tulisan ini, yuk simak penjelasannya agar kamu lebih paham tentang selfcare pada dirimu sendiri.. 😊

Sederhanya selfcare ini diperuntukkan untuk diri sendiri, dalam hal apapun yang bermanfaat bagi kita tentunya tujuannya adalah untuk meningkat kesejahteraan diri kita sendiri baik secara fisik maupun psikologis.



Nih biasanya buat kamu yang lebih mentingin orang lain daripada dirimu sendiri alias memprioritaskan orang lain, atau menomor sekiankan dirimu dari urusan-urusanmu, bahkan kamu sering bilang “ya” untuk orang lain dan “tidak” untuk dirimu sendiri juga sering meminta maaf atas apapun yang kamu lakukan dan lain sebagainya. Kamu sangat perlu untuk lebih mencintai diri sendiri dan memperhatikan dirimu.

Beberapa hal dibawah ini yang perlu kamu lakukan untuk tetap berada dalam kewarasan diri dan sehat mental. Tentunya untuk menjaga kesehatan fisik dan psikismu, maka tidak apa-apa bahkan kamu  boleh untuk melakukan hal ini, diantaranya

1.       Tidak Selalu Sempurna

Semua yang kamu lakukan boleh dan tidak apa-apa untuk tidak selalu sempurna. Terkadang mencoba hal-hal baru diluar rencanamu akan membuatmu lebih merasa nyaman dan semakin tertantang.

Melakukan kegiatan lain yang menjadikan kamu lebih relax dalam mengolah emosi ataupun pikiran perlu dilakukan, seperti me time akan membantumu untuk lebih tenang dalam mengatasi masalah.

 

2.       Miliki Waktu Sendiri

Tidak apa-apa berkata tidak dan menolak ajakan teman maupun rekan sekantor, baik dalam hal pekerjaan maupun tidak. Dengan memiliki waktu sendiri dan menyibukkan diri sendiri dengan pekerjaan yang kamu senangi terkadang perlu dilakukan untuk sekedar menjaga kesehatan diri.

 

3.       Menunjukkan Emosi.

Menangis, marah, sedih kecewa dan emosi lainnya boleh kamu tunjukkan ketika kamu merasa tidak nyaman. Its okay to not feel okay. Semua itu adalah wajar, perasaan yang dimiliki oleh setiap orang.

 

4.       Selfcare berbeda dengan selfish

Tentunya sangat berbeda, mencintai diri sendiri dengan memperhatikan kesehatan mental dan fisik diri sendiri akan sangat membantu diri untuk menentukan bagaimana kita akan berinteraksi dengan lingkungan kita. Akan berbeda dengan selfish atau egois yang selalu hanya menomorsatukan diri dan tidak memperdulikan sekitar maupun lingkungan diri.

 


1 comment for "Self Care, Why Not?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete