Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi OrangTua Bekerja Bagi Anak Di Rumah

Bekerja merupakan suatu kewajiban dalam memenuhi kebutuhan pokok dan juga merupakan suatu ibadah dan pilihan bagi tiap individu. Namun bagaimana ketika setelah menikah dan memiliki anak kedua orangtua memilih untuk bekerja? 

Bisakah?. Tentu saja bisa, yuk perhatikan hal-hal berikut terlebih lagi jika anda memiliki anak balita hingga anak-anak pada usia sekolah dasar.

Anak-anak balita apalagi anak yang telah mengerti secara kognitifnya pada masa sekolah dasar membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang besar dari kedua orangtuanya. Ketika orangtua sudah memberikan pengertian kepada anak bahwa ayah dan ibu harus bekerja dari pagi hingga petang dan anak diajarkan barus mengerti itu. 



Memang sebagian besar anak yang ketika kedua orangtuanya bekerja akan lebih mandiri namun tetap saja pada diri anak yang telah terbiasa menerima orangtuanya bekerja juga masih membutuhkan perhatian di setiap hari-harinya.

Cara untuk mengatasi permasalahan bahwa ayah dan ibu bekerja salah satunya adalah ayah dan ibu mau dan mampu meluangkan sedikit waktu anda ditiap hari-harinya anak secara konsisten. Setelah merasa capek bekerja namun jangan pernah lupakan untuk menyapa dan datang ke kamar anak dan menanyakan apakah saja yang telah ia lakukan seharian ini.

Pasti anak akan bercerita dengan senang karena ia perlu perhatian dan tempat mendengar yang baik yaitu orangtuanya. Mendongeng sebagai pengantar tidur juga akan menjadikan waktu anda yang sebentar itu bisa dikenang oleh anak dan ia berpikir bahwa ayah dan ibu selalu ada untuknya.

Kemudian kegiatan lain yang bisa dilakukan yakni membantunya untuk mengerjakan tugas rumah dan tiap paginya dengan anda membangunkan tidurnya lalu membantunya menyiapkan keperluan sekolah sampai bekalnya dan hal-hal lainnya bisa jadi adalah hal yang sepele namun sangat berarti bagi buah hati anda.

Sedikit waktu yang orangtua miliki tiap harinya sebelum dan sesudah bekerja akan membantu anak untuk memiliki quality timenya sendiri. Sangat penting hal ini dilakukan karena sebagai bentuk pengganti waktu bekerja orangtuanya yang tidak sempat dilakukan bersama dengan anak. 

Tidak perlu hanya seminggu sekali untuk membangun dan memiliki waktu berkualitas dengan anak, perhatian kecil namun konsisten akan sangat berharga bagi si kecil yaa ayah bunda. Memang akan sulit pada awalnya namun akan lebih mudah jika sudah terbiasa.

Berlibur tiap akhir pekannya juga merupakan salah stau bentuk dari quality time yang bisa dilakukan orangtua yang sedang bekerja, namun apakah benar-benar berkualitas? Tentu, hampir semua anak-anak menyukai berlibur.

Selain itu ketika hari libur manfaatkan waktu benar-benar untuk keluarga yaa parents, terutama hal-hal yang bisa dilakukan bersama dan melibatkan anak bisa saja sangat menyenangkan. Nah beberapa tips bisa parents lakukan dengan anak, tentunya harus dengan bahagia yaa. Selamat beraktivitas :)

Post a Comment for "Solusi OrangTua Bekerja Bagi Anak Di Rumah"