Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2021

Cara Move On Dari Universitas Impian

Pernahkah kalian yang telah lulus atau sedang berada di kelas 3 SMA/MAN/SMK sudah mulai memikirkan nanti ingin berkuliah di jurusan apa? Juga ingin dikuliah mana?  Serta optimis dengan hasil undangan atau sebutannya SNMPTN hingga tes tulis yakni SBMPTN hingga mengikuti jalur mandiri agar berkuliah di jurusan impian atau menunggu seleksi di tahun berikutnya? Yaaps tentunya semua jalan boleh dicoba dan sah sah saja. Namun, bagaimana jika keinginan kita tidak tidak sesuai harapan, seperti yang pernah dirasakan oleh mimin nih, hihi. Sedih dan kecewa itu pasti apalagi namun katakan pada diri sendiri bahwa itu TIDAK MASALAH. Tidak masalah jika kamu belum beruntung masuk di perguruan tinggi yang diinginkan dengan jalur yang kamu inginkan.  Kamu masih memiliki cita-cita dan keahlian yang harus tetap diusahakan dan direalisasikan apapun jalanannya. Jangan membatasi dirimu untuk menuntut ilmu dimanapun dan kapanpun dan tetap optimis jika tidak masuk perguruan tinggi yang kamu inginkan, karena

Persiapkan Hal ini Sebelum Menikah

Menikah merupakan hal yang sakral bagi seseorang, seringkali dengan sebutan komitmen   sekali seumur hidup. Pernikahan dianggap sebagai komitmen dan loyalitas pada pasangan sampai akhir hayat. Pernikahan tidak melulu soal bahagianya saja, seperti melihat cerita di sinetron atau buku fiksi. Ada banyak macam perasaan yang terjadi seperti sedih, kecewa, hingga amarah yang juga harus dihadapi. Pada realitasnya menikah memang mengharuskan saling bertumbuh bersama dan mampu mengkomunikan apapun dengan baik, termasuk menghadapi segala permasalahan yang akan silih berganti. Suatu hal yang terkadang membuat seseorang lebih berhati-hati memutuskan untuk menikah memang banyak alasan. Namun ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan dan siapkan sebelum menikah, misalkan seperti 1.       Persiapkan mental        M enikah tidak hanya melulu soal kesiapan materi, tapi kesiapan mental itu nomor satu. Memang setelah menikah banyak perubahan yang akan terjadi, terutama tanggung jawab kepada diri s

Begini Cara Memilih Ukuran Popok Bayi Agar Tidak Salah Ukuran!

Hai moms kali ini penulis akan berbagi pengalaman lagi seputar ukuran popok bagi si kecil mulai dari ukuran popok bagi newborn atau bayi baru lahir yaa. Hal ini bukan acuan saklek bagi moms untuk memilih popok bagi si kecil tapi bisa sebagai rekomendasi dalam membeli pampers dan ukurannya. Popok sendiri ada beberapa jenis ya moms, popok kain dan non kain. Jika popok kain ini bianya dipakai Ketika bayi baru lahir. Ada juga popok kain dalam bentuk perekat dan celana yang   bisa dipakai sampai anak bisa berjalan moms.  Nah jika popok non kain kan banyak tuh memiliki ukuran, juga ada tipe perekat dan celana juga nih moms, lalu bagaimana dong cara memilihnya? Bagi newborn atau bayi baru lahir moms bisa pilih untuk tipe perekat yang biasanya sudah ada kategori pada kemasannya yakni “newborn” nah beberapa merk mengkategorikan popok newborn ini dengan ukuran S, M, L , XL hingga XL loh.  Meskipun jarang ditemukan yaa ukuran L, XL dan XXL ini tapi di beberapa toko perlengkapan bayi tersedia.

Review Buku Rabbit Hole dan Manfaatnya Pada Anak

Buku rabbit hole ini salah satu buku rekomendasi dari penulis untuk si kecil ya moms. Buku-buku dari rabbit hole ini dibuat oleh psikolog anak ya, wah tentunya bagus ini buat perkembangan kemampuan si kecil yah moms.  Banyak judul dari rabbit hole ini yang bagus untuk dibaca si kecil, juga penerbit ini sudah merekomendasikan buku rabbit hole menjadi beberapa jenjang usia dari bulan hingga tahun yaa.. Fungsinya juga berbeda-beda pada tiap bukunya dari buku kontras hitam putih bagi bayi baru lahir hingga cerita bergambar untuk anak-anak. Pada intinya buku rabbit hole ini menumbuhkan berbagai manfaat bagi pembaca dan yang membacakannya. Diantara lain menumbuhkan attachment atau kelekatan oleh orangtua kepada anak oleh bayi, memang semua tidak instan kan moms, pasti akan ada manfaatnya bayi si kecil jika moms dan ayah secara continue membacakannya untuk si kecil.  Selain itu buku ini bisa membangun imajinasi anak selain bergambar juga bisa menjawab secara tidak langsung beberapa pertanya

Cara Bahagia Versi Tanpa Ribet dan Boros

Tiap orang berbeda-beda dalam mengatasi segala permasalahannya dari rutinitas sehari hari hingga ada waktu dimana kegiatan yang dihadapi tersebut dianggap berat. Tiap orang juga pasti akan mencari apa yang akan menjadikan dirinya terhibur.  Memiliki kegiatan yang menyenangkan bagi diri sendiri hingga merencanakan secara khusus apa yang membuatnya bahagia, sehingga bisa melepas penat, menghindari rasa bosan hingga tekanan yang tinggi. Boleh kok kita sebagai individu memiliki “quality me time” bagi diri kita sendiri. Banyak alternatif yang bisa dipilih, asalkan perlu diketahui yaa kalau ada batasan-batasan yang harus diingat, juga alangkah lebih baiknya jika quality time yang kita pilih tersebut sekaligus ada dampak positifnya bagi diri sendiri.  Nah, batasan yang harus diingat misalkan jenis kegiatan apa yang akan dilakukan tiap kita merasa berhasil meraih pencapaian tertentu setelah melakukan berbagai upaya saat bekerja satunya adalah berbelanja. Namun ingat juga yaa atur juga berapa b

Cara Jitu Terhindar Dari Insecure Pada Ibu Muda

Hai moms adakah mom yang merasakan atau bahkan ada yang sedang mengalami dimana berada pada posisi merasa cemas, ketidakberdayaan atau mampu bahkan tertekan saat sedang merawat si kecil atau hal ini biasa disebut dengan insecure ?.  Seperti halnya sering dapat komentar yang kurang enak di telinga oleh tetangga nih tentang cara merawat si kecil, upload foto si kecil dan dibilang netizen kok anaknya begini begitu? bahkan dari tetangga, saudara hingga keluarga dan lainnya ikut berkomentar dalam gaya pengasuhan sikecil oleh moms? Jangan tertekan ya mom, jangan merasa cemas dahulu. Yuk moms mari berpikir positif menenangkan diri sejenak, ceritan kepada pasangan tentang keluh kesah moms dalam merawat si kecil. Moms berhak kok memilih gaya pengasuhan dan perawatan yang terbaik untuk si kecil.  Memang seringkali   orang yang lebih tua memberikan masukan karena ada pengalaman terdahulu dalam merawat anak-anaknya juga. Boleh kok moms memilih dan memilah masukan yang diberikan para orangtua dan

Ide Bermain Anak Betah Dirumah Selama Pandemi Covid19

Ayah bunda memang pandemic ini sangat membuat perubahan besar pada keluarga yaa tentunya bagi anak anak. Ketika anak anak biasanya main bersama-sama di halaman rumah atau taman bersama teman-temannya dan menghabiskan akhir pekan bersama ayah bunda ke tempat keramaian seperti mall dan tempat wisata lainnya sekarang menjadi sangat terbatasi. Beberapapa cara jitu dibawah ini bisa ayah bunda coba untuk membuat anak betah dirumah selain mencegah anak bermain gadget seharian dirumah yaa ayah bunda.. memang membutuhkan sedikit kerja keras dan ide kreatif dari ayah bunda maupun pengasuh yang menemani kakak dirumah 1. Paper craft Bagi anak usia dini maupun anak-anak pasti suka dengan kegiatan menggunting, menempel dan membuat sesuatu yang baru dan unik. Selain membuat paper craft ini ada manfaat lain loh yakni mengasah kemampuan motorik anak dan mengash ide kreatifnya.  Ayah bunda bisa mencari ide kratif dengan bantuan google atau pinterest ya.. semakin kreatif paper craft yang anak dan penga

Kenalkan Fungsi Uang dan Menabung Kepada Anak

Dalam hal menanamkan kebiasaan dan perilaku pola hidup pada anak adalah fungsi dari sebuah keluarga dengan ayah dan ibu sebagai guru pertama yang dicontoh oleh anak. Orangtua adalah ibu dan ayah yang selalu menjadi role model bagi anak sejak di usia balita, ingat yaa ayah dan bunda.  Anak akan belajar hal apapun dari lingkungan terdekatnya dan yang menjadi guru, pendidik, pendengar dan pemberi informasi pertama adala orangtuanya. Hidup sederhana sejak dini sudah bisa diajarkan kepada anak, contoh sederhanya adalah memberikan  pemahaman mana yang menjadi miliknya dan memberikan pemahaman mengenai kepemilikannya dengan menggunakan sesuai tanggungjawab dan kebutuhan. Misalkan saja pada saat akan bersekolah di TK maka barang mainan kesukaannya dirumah adalah miliknya namun berlatih tidak boleh selalu dibawa pergi ke sekolah karena di sekolah waktunya untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman sebayanya, berlatih untuk berkonsentrasi, dan sebagainya.  Kemudian belajar untuk memberikan pe

Kapan Dimulainya Pendidikan Usia Dini Untuk Anak?

Hai parents, beberapa orang tua mungkin akan dibuat bingung termasuk parents mengenai dengan pilihan tentang kapan anak siap untuk memasuki dunia sekolah. Beberapa orangtua juga memiliki beberapa pertanyaan seperti apakah anakku siap untuk sekolah yaa? Apakah usianya cukup memasuki jenjang usia playgroup, sekolah dasar dan sebagainya? Apa saja kesiapan yang anak butuhkan untuk bersekolah? Sekolah yang bagaimana yang anak dan orangtua inginkan? Dan masih banyak lagi. Tentunya jika ada yang opsi terbaik orangtua akan memilihkan yang terbaik untuk anaknya. Baik dalam segi fasilitas sekolah, kesiapan anak untuk belajar, fasilitator sekolah dan pendidik juga banyak hal lainnya. Terutama Pendidikan sejak dini. Sebenarnya pada pendidikan usia dini bagi anak-anak merupakan dimana mereka selain belajar sambil bermain juga paling mendasar adalah belajar untuk bersosialisai dengan teman sebanyanya juga mengenalkan bagaimana rutinitas atau kegiatan berulang misalkan ketika anak membuka mata, mandi

Berbelanja Sambil Belajar Bersama Anak

Jangan khawatir untuk mengajak anak berbelanja yaa ayah dan ibu. Kekhawatiran adalah suatu bentuk yang wajar namun pada saat belanja ke supermarket atau ke pasar tradisional akan membuat si kecil belajar banyak hal. Mulai dari melihat orangtuanya berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan akan memberikan pemahaman anak dari fungsi bersosialisasi dan berkomunikasi. Memberikan pemahaman anak mengenai fungsi dari uang sebagai alat tukar hingga anak akan mengenal lingkungannya dan belajar dari lingkungannya sehingga mulai terbentuknya kemandirian anak di tempat umum.  Atau ayah ibu khawatir kepada si kecil jika di tempat umum seperti supermarket atau pasar tradisional ia akan menjadi rewel sehingga mengganggu aktivitas dan tujuan ayah ibu untuk membeli sesuatu. Hal tersebut wajar jika di tengah jalan si kecil akan rewel atau meminta sesuatu yang ia inginkan.  Nah dalam hal ini berikan pemahaman dan perjanjian terlebih dahulu kepada anak sebelum pergi bahwa ia hanya akan menemani ayah ib

Yuk Kenali Tanda-Tanda Anak Siap MPASI

Hai moms, semoga kabar moms selalu baik dan sehat selalu yah.. kali ini   bu mins akan membahas bagaimana sih tanda-tanda anak atau si kecil ini siap untuk mpasi atau diberikan makanan pendamping asi yang notabene diberikan ketika anak berusia enam bulan nih moms. Ada beberapa tanda-tanda yang bisa moms kenali pada si kecil yang siap untuk memulai mpasinya nih. Memang beberapa tanda berikut ini tidak saklek yaa untuk wajib nih si kecil diberikan mpasi nya lebih dulu karena ciri-ciri semuanya dialami oleh si kecil nih.  Jangan lupa ya moms jika perlu konsultasikan kepada tenaga profesional ya moms. Bisa juga nih moms jika ke posyandu setiap bulannya ketika si kecil mau berusia enam bulan moms bisa bertanya kepada tenaga medis untuk kesiapan mpasi si kecil. Nah salah satu tanda si kecil siap untuk mpasi adalah si kecil tertarik kepada makanan nih moms. Teratarik dalam artian si kecil mulai suka melihat dan memperhatikan orang lain makan seperti ingin ikut makan juga moms, dan juga ke

Rekomendasi Sabun Cair Bayi Yang Wangi

Hai moms kali ini bu mins akan mereview dan merekomendasikan beberapa produk sabun bayi yang wangi dan low price tentunya bagi moms.   Beberapa produk juga sangat mudah moms dapatkan di toko atau supermarket terdekat ya..  Tentunya bu mins rekomendasikan sabun cair mulai dari new born atau bayi baru lahir hingga bayi berusia satu tahun lebih ya moms. Nah bu mins juga pakai juga nih buat si kecil dan mengapa bu mins memilih sabun cair bukan sabun padat? Alasannya karena sabun cair menurut bu mins lebih efisien ya dalam penyimpanannya (tidak perlu wadah untuk menyimpan) daripada sabun padat dan juga bisa lebih hemat dalam artian banyak sedikit penggunaannya.  Berikut ini beberapa produk sabun cair yang bu mins rekomendasikan untuk moms dan si kecil gunakan nih.   1.        Lactacyd Baby Soap Nah sabun cair ini memang agak mahal ya moms tapi tidak sampai ratusan ribu kok tergantung ukuran yang moms beli. Bu mins pakai sabun cair ini ketika si kecil lahir sampai beberapa minggu. Ke

Bagian Tubuh Bayi Yang Harus Diwaspadai

Disni penulis akan berbagi pengalaman ya moms mengenai beberapa area pada tubuh bayi yang perlu di perhatikan lebih banyak. Pengalaman dari penulis sendiri yang notabene sebagai fully mommy yang mungkin bisa moms gunakan sebagai pengalaman dalam pengasuhan juga. Bayi yang sudah mulai aktif sekitar usia tiga bulan lebih atau waktu si bayi sudah bisa tengkurap memang sedang aktif-aktifnya ya bun, sehingga kita yang menjaganya harus lebih waspada dan tidak boleh lengah. Beberapa area pada bayi yang sudah mulai aktif yang perlu moms lebih perhatikan lagi. Lipatan pada pergelangan tangan. Moms bagi bayi yang memiliki tubuh agak gemuk aka nada beberapa lipatan di tangann bukan? Nah coba moms sering cek ya, terutama setelah bangun tidur atau si kecil aktifitas.  Biasanya akan terdapat beberapa kotoran yang terselip misalkan bolot, rambut bayi atau orang dewasa sendiri hal ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri ya moms. Selangkangan bayi. Nah daerah ini memang terkadang rawan kemerah

Persiapkan Hal Ini Sebelum Imunisasi

Imunisasi bagi bayi wajib dilakukan ya moms karena untuk kebaikan si kecil sendiri kedepannya. Imunisasi dilakukan berjangka sejak mulai bayi lahir. Hingga beberapa bulan berikutnya bayi masih tetap melakukan imunisasi.  Lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke posyandu atau rumah sakit untuk melakukan imunisasi bagi si kecil ya moms? Tentunya beberapa hal ini jangan sampai tertinggal di rumah ya, siapkan baik-baik sebelum berangkat dan cek lagi sebelum pergi. Berikut ini beberapa tips persiapan sebelum pergi imunisasi. 1. Membawa fotocopy kk/kartu anak Beberapa persyaratan sebelum imunisasi diadakan biasanya petugas kesehatan meminta fotocopy identitas. 2. Membawa buku panduan ke posyandu/ buku pink/Buku Kesehatan Ibu dan Anak Ini wajib ya moms jangan lupa dibawa waktu imunisasi, karena dengan ini moms akan tahu si kecil akan diimunisai jenis apa dan diberikan pencatatan tanggalnya. Juga si kecil akan diisi grafik pertumbuhannya seperti tinggi badan dan berat bad

Pertanda Menopause atau Mati Haid Pada Wanita

Menopause bukanlah suatu penyakit namun suatu hal alamiah yang pasti dialami oleh setiap wanita yang berusia 40 sampai 50 tahun-an dan tidak terjadinya menstruasi secara berturut-turut selama 12 bulan atau satu tahun.  Menopause sendiri terjadi karena adanya perubahan fungsi dari indung telur. Terjadinya menopause juga sebagai pertanda bahwa wanita mulai berkurangnya atau habis sel telur yang menjadikan berakhirnya masa-masa subur sehingga menyebabkan berkurangnya produksi esterogen. Pada haid pertama (menarche) dengan terakhir (menopause) memiliki banyak kesamaan loh, menopause atau yang biasa disebut sebagai mati haid memiliki beberapa gejala diantaranya yakni terjadinya menstruasi yang kacau, semburan panas, keringnya vagina dan lain sebagainya.  Adanya gejala secara emosional yang dialami oleh seorang menjelang menopausenya bisa mengalami gejala berikut yakni suasana hati berubah-ubah, mudah marah, cemas, gelisah dan mudah sedih tanpa ada sebab yang jelas, sulit untuk tidur dan lai

Pertimbangan Memilih JURUSAN PSIKOLOGI!?

Jurusan psikologi termasuk menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia dan banyak peminatnya dalam segala bentuk seleksi masuk di Perguruan Tinggi. Setelah kalian mengenali bakat dan minat kalian ternyata adalah pada bidang ilmu psikologi, maka selanjutnya kalian harus mengenali apa sih itu psikologi? apa saja lapangan kerjanya? Apa saja sih yang perlu dipelajari? Eitss, sebelum itu maka kalian juga harus memilih dimana kalian ingin menuntut ilmu di perguruan tinggi yang menyediakan program studi psikologi tentunya. Perhatikan akreditasi univeristas dan fakultas yaa kalau bisa, karena akreditasi akan menentukan kualitas dan kelengkapan alat praktikum serta hal-hal lainnya.  Kemudian tanyakan jika ada kakak tingkat kalian yang sudah masuk jurusan psikologi terlebih dahulu. Harus diketahui buku-buku apa saja yang kiranya penting untuk dibeli, juga biaya yang diperlukan terlebih lagi jika kakak tingkat kalian berkuliah di tempat kuliah yang kalian ingin. Kalian juga harus tahu berapa

Cara mengatur gaji agar tetap sehat dan stabil

Bagi para pekerja baik dalam sektor industry maupun menjadi wirausaha tentunya memiliki kebutuhan pokok atau utama dan sekunder disetiap bulannya. Baik seorang karyawan yang biasanya akan menerima gaji di akhir bulan atau awal bulan akan mengalokasikannya kesebagian pos pos pengeluarannya. Untuk para wirausaha atau pengusaha muda yang sudah menjalankan usahanya dengan stabil maupun merintis pastilah memiliki tantangannya tersendiri. Status Pekerjaan Status karyawan dan wirausaha, tentunya pekerja yang masih single tentunya diharapkan akan lebih banyak mengalokasikan gaji dalam bentuk tabungan atau investasi sebagai bekal untuk tujuan selanjutnya yaa misalkan menikah, kredit rumah, membeli kendaraan dan lainnya.. Namun, akan berbeda lagi jika sudah memiliki ikatan rumah tangga dan memiliki anak tentunya, pasti harus lebih teliti dan tentunya ekstra hati-hati yaa karena kebutuhan pokok akan fluktuatif mengikuti kebutuhan anak dan keluarga.  Pos Alokasi Gaji Kalian pasti sepakat kebutuhan

Tips Memilih Ukuran Popok Si Kecil

Hai moms kali ini penulis akan berbagi pengalaman lagi seputar ukuran popok bagi si kecil mulai dari ukuran popok bagi newborn atau bayi baru lahir yaa. Hal ini bukan acuan saklek bagi moms untuk memilih popok bagi si kecil tapi bisa sebagai rekomendasi dalam membeli pampers dan ukurannya. Popok sendiri ada beberapa jenis ya moms, popok kain dan bukan kain. Jika popok kain ini bianya dipakai Ketika bayi baru lahir. Ada juga popok kain dalam bentuk perekat dan celana yang  bisa dipakai sampai anak bisa berjalan moms. Nah jika popok non kain kan banyak tuh memiliki ukuran, juga ada tipe perekat dan celana juga nih moms, lalu bagaimana dong cara memilihnya? Bagi newborn atau bayi baru lahir moms bisa pilih untuk tipe perekat yang biasanya sudah ada kategori pada kemasannya yakni “newborn” nah beberapa merk mengkategorikan popok newborn ini dengan ukuran S, M, L , XL hingga XL loh. Meskipun jarang ditemukan yaa ukuran L, XL dan XXL ini tapi di beberapa toko perlengkapan bayi tersedia. Namu

Tips Anti Ribet Berpergian Dengan Bayi

Membawa balita apalagi yang masih bayi pasti akan lebih menyita waktu ya moms, tidak hanya bagi orangtuanya saja tetapi juga perlengkapan si anak yang notabenya yang dibawa memang banyak. Apalagi jika anak akan berpergian keluar untuk pertama kali, apalagi keluar kota atau menginap yaa moms, wah nggak kebayang tuh bakalan ribetnya seperti apa kan hehe. Tapi memang antisipasi harus selalu dilakukan sebelum terjadi ya, betul nggak moms? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa moms lakukan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan selama berpergian Bersama si kecil. 1.       Jangan mendadak untuk menyiapkan perlengkapan si kecil Biasanya hal hal yang terburu-buru itu bikin suka ada yang lupa, betul nggak moms? Nah coba sebelum berpergian beberapa hari sebelumnya moms bisa mencicil apa saja yang harus dibawa yaa, terutama barang bawaan pokok untuk si kecil.  Atau jika diperlukan moms bisa menyiapkan tas khusus yang sekiranya bisa dibawa sewaktu-waktu jika dalam keadaan darurat akan